RANGKUMAN TUGAS 2(BAB 4,5,6) ILMU BUDAYA DASAR
RINGKASAN MATERI
1. MANUSIA
DAN CINTA KASIH
· Arti
Cinta Kasih
Menurut kamus umum bahasa Indonesia,
cinta adalah rasa sangat suka kepada ataupun rasa sangat kasih atau sangat
tertarik hatinya. Sedangkan kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada
atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta kasih hampir bersamaan,
sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta.
Walaupun cinta kasih mengandung arti
hampir bersamaan, namun terdapat perbedaan juga antara keduanya, cinta lebih
mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih keluarnya; dengan
kata lain bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan
secara nyata.
Cinta memegang peranan penting dalam
kehidupan manusia, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan,
pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat di masyarakat
dan hubungan manusiawi yang akrab. Demikian pula cinta adalah pengikat yang
kokoh antara manusia dengan Tuhannya sehingga manusia menyembah Tuhan dengan
ikhlas mengikuti perintah-Nya dan berpegang teguh pada syariat-Nya.
Cinta kasih bersumber pada ungkapan
perasaan yang didukung oleh unsur karsa, yang dapat berupa tingkah laku dan
pertimbangan dengan akal yang menimbulkan tanggung jawab. Dalam cinta kasih
tersimpul pula rasa kasih sayang dan kemesraan. Belas kasihan dan pengabdian.
Cinta kasih yang disertai dengan tanggung jawab menciptakan keserasian,
keseimbangan, dan kedamaian antara sesama manusia, antara manusia dengan
lingkungan, dan antara manusia dengan Tuhan.
Apabila dirumuskan secara sederhana,
cinta ksih adalah perasaan kasih sayang, kemesraan, belas kasihan dan
pengabdian yang diungkapkan dengan tingkah laku yang bertanggung jawab.
Tanggung jawab artinya akibat yang baik, positif, berguna, saling
menguntungkan, menciptakan keserasian, keseimbangan, dan kebahagiaan.
· Pengertian
cinta menurut Dr sarlito w sarwono bahwa cinta memiliki 3 unsur:
1) keterikatan
adalah
adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau
pergi dengan orang lain kecuali dengan dia, ada uang sedikit beli hadiah untuk
dia
2) keintiman
adanya
kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dengan dia sudah
tidak ada jarak lagi panggilan formal seperti bapak, ibu saudara digantikan
dengan sekedar memanggil nama atau sebutan sayang dan sebagainya.makan sepiring
berdua
3) kemesraan
adanya
rasa ingin membelai dan dibelai, rasa kangen rindu kalo jauh atau lama tak
bertemu, adanya ungkapan ungkapan rasa sayang dan seterusnya. Tidak semua unsur
cinta itu sama kuatnya. kadang kadang ada yang keterikatannya sangat kuat
tetapi keintiman atau kemesraannya kurang, cinta seperti ini mengandung
kesetiaan yg kuat dan kecemburuan yang besar, sehingga dirasakan oleh
pasangannya sebagai dingin atau hambar karena tidak ada kehangatan yang
ditimbulkan oleh kemesraan dan keintiman
· 3
UNSUR DALAM SEGITIGA CINTA
1) Pertama, Intimasi. Intimasi adalah aspek
emosi dari cinta. Intimasi pada awal hubungan tumbuh dengan baik, tapi kalau
tidak dirawat bisa menurun ke titik nol. Bila relasi dan komunikasi tidak
bertumbuh dengan baik intimasi menjadi mati.
2) Kedua, Passion atau gairah. Ini adalah sisi
motivasi dari segitiga cinta itu. Sisi gairah ini punya peranan penting bagi
perkembangan fisiologis dan keinginan yang kuat untuk bersatu dengan yang
dicintai. Pada mulanya passion bertumbuh cepat dan sangat kuat, sampai tidak
lama kemudian passion ini jadi kebiasaan. Passion punya segi motivasi yang
berkekuatan positif. Inilah yang memikat anda kepada seseorang. Ini cepat
berkembang dan bisa juga cepat mati. Sisi negatifnya adalah jika hubungan sudah
saling menyakitkan maka daya tarik tadi lama kelamaan memudar.
3) Ketiga, sisi komitmen. Ini merupakan sisi
kognitif dari cinta. Komitmen adalah tekad untuk memelihara cinta. Komitmen ini
bertumbuh mulai dari taraf nol saat pertama kali bertemu dengan yang dicintai,
dan bertumbuh ketika semakin saling mengenal satu dengan lainnya. Kuncinya
saling mengenal dan menghargai. Bila relasi melemah maka komitmen juga
cenderung melemah.
· 3
TINGKATAN CINTA
Seorang
ulama, Abdullah Nasih Ulwan membagi cinta menjadi tiga:
1. Mahabbah
Ula (Cinta yang Utama)
Ini
adalah cinta kepada Allah SWT dan Rosulullah SAW.
2. Mahabbah
Al Wustho’ ( Cinta yang menengah)
Ini
adalah cinta kepada Ibu, Bapak, Istri, Anak-anak, Perniagaan, Harta, dan
sejenisnya didunia.
Dansemua
cinta ini karena kita cinta kepada Allah
SWT.
3. Mahabbah
Al Adna (Cinta rendahan)
Ini
adalah Mahabbah Al Wustho yang menggeser Mahabbah Ula.
· Cinta
menurut ajaran agama
1. Cinta kepada Tuhan
Cinta
kepada Tuhan merupakan cinta yang paling utama pada manusia. Jika kita tidak
mencintai tuhan , bagaimana bisa kita mencintai sesama makhluk ciptaan tuhan.
Oleh karena itu cinta kepada Tuhan adalah cinta yang paling utama.
2. Cinta
kepada orangtua
Cinta
kepada orangtua merupakan wajib hukumnya bagi seorang anak. Tanpa adanya
orangtua, kita tidak bisa menjadi seperti sekarang. Bagaimana jika orangtua
tidak mencintai kita ? kita tidak akan hidup layak seperti sekarang ini. Mau
bagaimanapun kondisi orangtua, karakter orangtua , kita harus tetap mencintai
karena mereka adalah orang yang sudah mendidik kita dari kecil hingga menjadi
seperti ini.
3. Cinta
kepada sesama makhluk tuhan
Cinta
kepada sesama makhluk tuhan sama saja kita seperti mencintai tuhan. Kita harus
berdamai dan menghargai sesama makhluk tuhan. Sebab tidak ada manusia di dunia
ini yang sempurna dan sama derajatnya di mata tuhan.
4. Cinta
kepada Rasul
Cinta
kepada Rasul merupakan cinta yang paling utama setelah cinta kepada Tuhan.
Rasul adalah suri tauladan yang baik bagi kita. Sikap, perbuatan dan akhlak
Rasul adalah merupakan terpuji dan harus kita contoh sebagai pedoman dalam
hidup.
5. Cinta kepada diri sendiri
Apabila
kita sudah bisa mencintai beberapa point diatas, maka kita akan bisa mencintai
diri kita sendiri. Janganlah benci terhadap apa yang telah terjadi dan semua
harus di syukuri meskipun itu pahit. Maka akan ada hikmah tersendiri untuk
kita.
Cinta
bukanlah kata murah dan lumrah dituturkan dari mulut ke mulut, tetapi cinta
adalah anugerah Allah yang indah dan suci, jika manusia dapat menilai
kesuciannya. Islam sangat menjaga kesucian cinta, sehingga tidak ada istilah
pacaran. Tak perlu pacaran, karena jodoh sudah diatur. Yang terpenting adalah
kita menata diri kita menjadi orang yang baik, dan insya Allah jodoh kita pun
baik. Allah akan memberikan pasangan jiwa yang sesuai dengan perangai kita,
jika ingin dapat yang baik, maka jadilah orang baik. Seperti pada firman Allah
berikut ini :
“Perempuan-perempuan
yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk
perempuan-perempuan yang keji (pula), sedangkan perempuan-perempuan yang baik
untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan
yang baik (pula). Mereka itu bersih dari apa yang dituduhkan orang. Mereka
memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (surga).”(QS An-Nur:26)
· Kasih
Sayang
Kasih
sayang adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada
seseorang. Dalam kehidupan berumah tangga kasih sayang merupakan kunci
kebahagiaan. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Dalam kasih
sayang sadar atau tidak sadar dari masing-masing pihak dituntut tanggungjawab,
pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka,
sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh. Bila salah satu unsur
kasih sayang hilang. misalnya unur tanggungjawab, maka retaklah keutuhan rumah
tangga itu.
Contoh-contoh
1. Cinta kasih antar orang tua dan anak. Orang tua yang
memperhatikan dan memenuhi kebutuhan anaknya, berarti mempunyai rasa cinta
kasih terhadap anak. Mereka selalu mengharapkan agar anaknya menjadi orang baik
dan berguna di kemudian hari.
2. Cinta kasih antara pria dan wanita. Seseorang pria menaruh
perhatian terhadap seorang gadis dengan perilaku baik, lemah lembut, sopan,
apalagi memberikan seuntaian mawar merah, berarti ia menaruh cinta kasih
terhadap gadis itu.
3. Cinta kasih antara manusia. Apabila seorang sahabat berkunjung
ke rumah kawannya yang sedang sakit dan membawa obat kepadanya berarti bahwa
sahabat itu menaruh cinta kasih terhadap kawannya yang sakit itu.
4. Cinta kasih antara manusia dan Tuhan. Apabila seorang taat
beribadah, menurut perintah tuhan, dan menjauhi larangan-Nya, orang itu
mempunyai cinta kasih kepada tuhan penciptanya.
5. Cinta kasih manusia terhadap lingkungan. Apabila seseorang
menciptakan taman yang indah, memelihara taman pekarangan, tidak menebang kayu
di hutan seenaknya, menanam tanah gundul dengan teratur, tidak berburu hewan
secara semena-mena atau dikatakan bahwa orang itu menaruh cinta kasih atau
menyayangi lingkungan hidupnya.
· Kemesraan
Kemesraan
berasal dari kata dasar mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab.
Kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria dan wanita yang sedang
dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan pada dasarnya
merupakan perwujudan kasih saying yang mendalam.
Contoh
Puisi
KEMESRAAN
DI DALAM CINTA
"Hidup
ini indah karena Cinta"
Aku
tak tau mencinta..
Sebelum
kuterlahir jadi manusia..
Kutak
tau tuk apa kutercipta...
Karena
tiada yang mau..
Mengajarkan
aku untuk mencinta..
Seandainya
cinta kurasa sejak dini..
Kupasti
tak merasakan terabai...
Karena
dia, yang jadi milikku..
Begitu
baiknya ajarkan aku mencinta...
Ajarku
tuk menyayanginya..
Dan
memberikan aku semangat hidup....
Keluh
kesahku tak pernah ada..
Karena
dia, yang slalu menasehatiku..
Mempersembahkan
canda pada hatiku...
Sehingga
berwarnalah dunia ini...
Aku
tak mau, kehilangan kemesraan ini..
Ajarilah
aku slalu sayangku..
Kuingin
slalu bersamamu..
Menjaga
cintamu..dan memelukmu...
Tak
sekedar ciuman mesra untukmu..
Tapi
pengorbanan raga, kusiap sedia untukmu...
Aku
cinta kamu....”
· Pemujaan
Pemujaan
adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan
dalam bentuk komunikasi ritual.
· Belas
Kasihan
Dalam
surat Yohanes dijelaskan ada 3 macam cinta. Cinta Agape ialah cinta manusia
kepada Tuhan. Cinta Philia ialah cinta kepada ibu bapak (orang tua) dan
saudara. Dan ketiga cinta erros atau amor ini ialah cinta antara pria dan
wanita. Beda antara cinta amor dan eros ini adalah citna eros cinta karena
kodrati sebagi laki-lakai dan perempuan, sedangkan cinta amor karena
unsure-unsur yang sulit dinalar, misalnya gadis normal yang cantik mencintai
dan mau menikahi seorang pemuda yang kerdil. Cinta terhdap sesame merupakan
perpaduan cinta agape dan cinta philia. Cinta sesame ini diberikan istilah
belas kasihan untuk membedakan antara cinta kepada orang tua, pria-wanita,
cinta kepada Tuhan. Dalam cinta kepada sesame ini diberi istilah belas kasihan,
karena cinta disini buka karena cakapnya, kayanya, cantiknya, melainkan karena
penderitaannya.
·
Cinta Kasih erotis
adalah cinta yang cenderung mengarah kepada cinta
sepasang insane berlainan jenis. Pada hakikatnya cinta kasih tersebut bersifat
eksklusif, bukan universal, dan juga barangkali merupakan bentuk cinta kasih
yang paling tidak dapat dipercaya.
· Analisis
Kisah Sedih Nabila, Bocah Pemulung yang
Videonya Viral
Bandung Barat - Video seorang murid SD yang
sedangdirudung di sebuah kelas menjadi viral beberapa hari ke belakang. Reaksi
dari sang gadis membuatnetizen terenyuh karena mengumpulkan uang dari hasil
memulung. Gadis kecil ini pun telah lama ditinggalkan orang tuanya.
Gadis itu adalah Nabila (12), murid kelas 6 SDN
Pangauban. Ia tinggal bersama kakek dan neneknya di Kp Cibodas RT 03 RW 07, Ds
Pangauban, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat. Saat ditemui detikcom di
kediamannya, gadis periang ini mengaku telah ditinggalkan oleh kedua orang
tuanya sejak masih bayi. Ayah dan ibunya bercerai dan telah memiliki kehidupan
baru di luar Bandung.
"Ayah kadang tiga bulan sekali datang ke
rumah, tapi sekarang udah enggak pernah kelihatan, itu juga (kalau datang) hanya
sebentar. Kalau ibu di Kalimantan menjadi penyanyi dan enggak pernah ke
sini," ujar Nabila dengan mata berkaca-kaca. Alhasil, ia pun dirawat oleh
kedua kakek-neneknya sejak masih berusia 40 hari. Keadaan memaksanya menjadi
tulang punggung keluarga di usia yang masih belia.
Pasalnya, sang kakek dan neneknya, Cucu (70)
dan Ira (60) sudah semakin renta dan sakit-sakitan. Untuk memenuhi kebutuhan
sehari-hari, gadis tomboy ini mencari rongsokan seperti kardus, botol plastik,
besi yang ia akan masukan ke dalam karung yang ia tenteng.
Analisis ;
Seorang anak yang ditinggal oleh ayah dan
ibunya ketika dia kecil. Orang tua dia tak mau mengurus dan memberi kasih
saying untuknya. Ini terjadi pada siswa SD di Bandung bernama Nabila. Dia
dirawat oleh nenek dan kakeknya yang sedang sakit. Dia tak dibiayai oleh kedua
orang tuanya. Malah, dialah yang merawat kakek neneknya dengan menjual
rongsokan. Hal ini adalah bukti kurangnya kasih sayang kepada sang anak.
Seharusnya ketika dia masih anak-anak diberikan kasih sayang yang lebih. Tetapi
yang ia dapat adalah kepedihan menanggung beban untuk mencari uang. Tanpa
adanya cinta dan kasih, seseorang akan kehilangan arah. Dia akan menjadi
pribadi yak buruk. Oleh karena itu mengapa tuhan menciptakan cinta dan kasih
kepada seseorang.
Solusi :
Solusinya dengan ada kasus seperti itu,
diharapkan kepada orang tua tidak seenaknya membiarkan anak. Sudah menjadi
tanggung jawab orang tua dalam mendidik dan membiayai semua keperluan anaknya.
Setiap orang membutuhkan kasih sayang oleh orang-orang disekitarnya. Itulah
yang akan membentuk pribadi mereka.
2. MANUSIA
DAN KEINDAHAN
· Pengertian
Keindahan
Keindahan
adalah Sifat dari sesuatu hal yang memberikan rasa senang bila kita melihatnya.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang
enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan diartikan sebagai
bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial dan budaya. Keindahan
Bersifat Universal artinya keindahan yang tak terkait oleh selera perorangan,
waktu, tempat dan daerah tertentu yang bersifat menyeluruh.
· Perbedaan
Keindahan Sebagai Kualitas Yang Abstrak dan Sebagai Sebuah Benda Yang Indah
Sebenarnya
sulit bagi kita untuk menyatakan apakah keindahan itu. Keindahan itu suatu
konsep abstrak yang tidak dapat dinikmati karena tidak jelas. Keindahan itu
baru jelas jika telah dihubungkan dengan sesuatu yang berwujud atau suatu
karya. Dengan kata lain keindahan itu baru dapat dinikmati jika dihubungkan
dengan suatu bentuk. Dengan bentuk itu keindahan berkomunikasi.
Menurut
cakupannya orang harus membedakan keindahan sebagai suatu kualitas abstrak dan
sebagai sebuah benda tertentu yang indah. Untuk pembedaan itu dalam bahasa
Inggris sering dipergunakan istilah “beauty” (keindahan) dan “the beautiful”
(benda atau hal indah).
Keindahan
sebagai kualitas abstrak menggambarkan suatu bentuk dalam yang keindahan di
mana keindahan tersebut bersifat eksklusif dan hanya dapat dimengerti oleh
orang yang menciptakan keindahan tersebut berdasarkan apa yang dipahaminya.
Sedangkan
keindahan sebagai sebuah benda tertentu yang indah adalah keindahan yang
memiliki konsep pemahaman dan nilai yang berbeda dengan kualitas abstrak di
mana benda yang dimaksud dalam hal ini adalah sesuatu yang mewakili keindahan
secara umum dan dapat dengan mudah diterima maupun dipahami oleh masyarakat.
· Keindahan
Yang Seluas-luasnya
Keindahan
dalam arti luas merupakan pengertian semula dari bangsa Yunani dulu yang didalamnya
tercakup pula kebaikan.
Keindahan
yang seluas-luasnya meliputi :
· Keindahan
alam
· Keindahan
seni
· Keindahan
moral
· Keindahan
intelektual
Keindahan
ini lah yang mencakup semua nilai keindahan yang pada dasarnya mempunyai nilai
tersendiri , dengan cara pandang yang berbeda pada setiap manusia. Keindahan
tersusun dari berbagai keselarasan dan kebalikan dari garis, warna, bentuk,
nada, dan kata-kata. Ada pula yang berpendapat bahwa keindahan adalah suatu
kumpulan hubungan-hubungan yang selaras dalam suatu benda dan di antara benda
itu dengan si pengamat.
Manusia
menikmati keindahan berarti manusia mempunyai pengalaman keindahan. Pengalaman
keindahan biasanya bersipat terlihat (visual) atau terdengar (auditory)
walaupun tidak terbatas pada dua bidang tersebut keindahan tersebut pada
dasarnya adalah alamiah. Alam itu ciptaan Tuhan.
· Nilai
Estetik
Nilai
yang berhubungan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam pengertian keindahan
disebut Nilai Estetik.
Kata
estetika berasal dari kata Aesthesiss yang artinya perasaan atau sensitivitas,
karena memang pada awalnya pengertian ini berhubungan dengan lidah dan
perasaan. Dalam pengertian teknis, Estetika adalah ilmu keindahan atau ilmu
yang mempelajari keindahan, kecantikan secara umum. Estetika adalah salah satu
cabang filsafat. Secara sederhana, estetika adalah ilmu yang membahas
keindahan. Pembahasan lebih lanjut mengenai estetika adalah sebuah filosofi
yang mempelajari nilai-nilai sensoris, yang kadang dianggap sebagai penilaian
terhadap sentimen dan rasa. Estetika merupakan cabang yang sangat dekat dengan
filosofi seni.
· Perbedaan
Nilai Ektrinsik & Nilai Intrinsik
Nilai
adalah suatu relaitas psikologis yang harus dibedakan secara tegas dari
kegunaan, karena terdapat dalam jiwa manusia dan bukan pada bendanya itu
sendiri. Nilai itu oleh orang dipercaya terdapa pada sesuatu benda sampai
terbukti letak benarannya.Nilai itu ada yang membedakan antara nilai subyektif
dan obyektif, Tetapi penggolongan yang penting ialah:
· Nilai
ekstrinsik
Nilai
ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk
sesuatu hal lainnya (”instrumental! Contributory value”), yakni nilai yang
bersifat sebagai alat atau membantu contohnya puisi, bentuk puisi yang terdiri
dari bahasa, diksi, baris, sajak, irama, itu disebut nilai ekstrinsik.
· Nilai
intrinsik
Nilai
intrinsik adalah sifat baik dari benda yang bersangkutan, atau sebagai suatu
tujuan, ataupun demi kepentingan benda itu sendiri.
Contohnya
:
pesan
puisi yang ingin disampaikan kepada pembaca melalui (alat benda) puisi itu
disebut nilai intrinsik.
· Kontemplasi
Dan Ekstansi
· Kontemplasi
Kontemplasi
adalah dasar dalam diri manusia untuk menciptakan sesuatu yang indah yang
merupakan suatu proses bermeditasi merenungkan atau berpikir penuh dan mendalam
untuk mencari nilai-nilai, makna, manfaat dan tujuan atau niat suatu hasil
penciptaan.
· Ekstansi
Ekstansi
adalah dasar dalam diri manusia untuk menyatakan, merasakan dan menikmati
sesuatu yang indah. Apabila kontemplasi dan ekstansi itu dihubungkan dengan
kreativitas, maka kontemplasi itu faktor pendorong untuk menciptakan keindahan,
sedangkan ekstansi merupakan faktor pendorong untuk merasakan, menikmati
keindahan. Karena derajat atau tingkat kontemplasi dan ekstansi itu
berbeda-beda antara setiap manusia, maka tanggapan terhadap keindahan karya
seni juga berbeda-beda.
· Teori-teori
dalam renungan
Renungan
berasal dari kata renung yang artinya diam-diam memikirkan sesuatu, atau
memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Renungan adalah hasil merenung. Dalam
merenung untuk menciptakan seni ada beberapa teori. Teori-teori itu ialah :
teori pengungkapan, teori metafisik dan teori psikologik.
· Teori
Pengungkapan
Dalil
dari teori ini ialah bahwa “Art is an expression of human feeling” ( seni
adalah suatu pengungkapan dari perasaan manusia ). Teori ini terutama bertalian
dengan apa yang dialami oleh seorang seniman ketika menciptakan suatu karya
seni.
· Teori
Metafisik
Teori
seni yang bercorak metafisis merupakan salah satu teori yang tertua, yakni
berasal dari Plato yang karya-karya tulisannya untuk sebagian membahas estetik
filsafati, konsepsi keindahan dan teori seni. Mengenai sumber seni Plato
mengemukakan suatu teori peniruan (imitation theory).
· Teori
Psikologis
Teori-teori
metafisis dari para filsuf yang bergerak diatas taraf manusiawi dengan
konsepsi-konsepsi tentang ide tertinggi atau kehendak semesta umumnya tidak
memuaskan, karena terlampau abstrak dan spekulatif. Sebagian ahli estetik dalam
abad modem menelaah teori-teori seni dari sudut hubungan karya seni dan alam
pikiran penciptanya dengan mempergunakan metode-metode psikologis. Misalnya
berdasarkan psikonalisa dikemukakan teori bahwa proses penciptaan seni adalah
pemenuhan keinginan-keinginan bawah sadar dari seseorang seniman.
· Keserasian
Keserasian
Berasal dari kata “serasi” artinya cocok atau sesuai, memilki faktor perpaduan
dan keseimbangan. Dalam hubungannya dengan keindahan, keserasian memiliki makna
perpaduan antara berbagai unsur yang menjadi satu sehingga menimbulkan satu
bentuk keindahan.
Terdapat
2 Teori Keserasian yaitu :
· Teori
Objectif dan Teori Subjectif
Teori
Objectif menyatakan bahwa keindahan atau ciri-ciri yang menciptakan nilai
estetika adalah sifat (kulitas) yang memang melekat dalam bentuk indah yang
bersangkutan.
Teori
Subjectif menyatakan bahwa ciri-ciri yang menciptakan keindahan suatu benda itu
tidak ada, yang ada hanya perasaan dalam diri sesorang yang mengamati suatu
benda.
· Teori
Perimbangan
Dalam
arti yang terbatas yakni secara kualitatif yang di ungkapkan dengan
angka-angka, keindahan hanyalah kesan yang subjectif sifatnya dan berpendapat
bahwa keindahan sesungguhnya tercipta dan tidak ada keteraturan yakni tersusun
dari daya hidup, penggembaraan, pelimpahan dan pengungkapan perasaan. Teori
pengimbangan tentang keindahan dari bangsa Yunanai Kuno dulu dipahami dalam
arti terbatas, yakni secara kualitatif yang diungkapkan dengan angka-angka.
Keindahan dianggap sebagai kualita dari benda-benda yang disusun (mempunyai
bagian-bagian). Hubungan dari bagian-bagian yang menciptakan keindahan dapat
dinyatakan sebagai perimbangan atau perbandingan angka-angka.
· Analisis
Menilik Desa Penglipuran di Bali yang Dinobatkan
sebagai Desa Terbersih di Dunia
TRIBUNJAKARTA.COM
- Saat penat menjalani aktivitas padat
di kota, biasanya kita akan mencari pelarian dengan berwisata ke desa. Bukan
tanpa alasan, desa yang tenang dengan pemandangan alam nan indah memang pas
banget dijadikan sebagai destinasi wisata untuk kamu yang menginginkan
ketenangan. Dari sekian banyak desa, ternyata ada lho yang dinobatkan sebagai
desaterbersih di dunia bahkan salah satunya ada di Indonesia! Di tiga desa ini,
kita tidak akan melihat sampah yang berserakan, tidak juga melihat mobil
berhenti karena macet, udara sangat segar, bahkan lebih banyak tanaman hijau
yang terlihat.
Indonesia
juga menempatkan satu wakilnya dalam tiga desa terbersih di dunia. Yaitu, Desa
Penglipuran terletak di Bangli, Bali Timur. Desa ini terkenal dengan jalan yang
bersih, banyak area taman, dan tempat sampah di setiap 30 meter. Sejak 1995,
desa ini sudah ditetapkan sebagai desa wisata. Wisatawan boleh berkunjung ke
sini tapi harus menjaga kebersihan. Selain bersih, desa ini juga sangat menjaga
keindahan dan kerukunan warganya. Bahkan desa Penglipuran sudah menerima
penghargaan Kalpataru.
Analisis
:
Suatu
kebanggan bahwa Indonesia termasuk ke dalam desa terbersih. Dengan kebersihan
kita dapat melihat keindahan sebenarnya. Indonesia dengan kekayaan alam yang
melimpah menjadikannya sebagai tempat surga dunia. Dengan berbagai gunung,
lautan, daratan yang terbentang luas. Indonesia harus mempertahankannya. Dengan
keindahan kita bisa merasakan hidup dan lebih bersyukur dalam keadaan apapun.
Dengan era yang modern ini, tidak mudah sekali dalam melihat suatu tempat
bersih. Jadi tempat yang bersih yang berarti indah sulit ditemukan.
Solusi
:
Dengan
keindahan yang sangat banyak. Kita wajib memelihara agar tempat tersebut tetap
bersih dan menjadi keindahan sampai di masa depan. Dengan tidak membuang sampah
sembarangan. Juga dengan memebanggakan kepada Negara lain bahwa Indonesia
memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Serta menjaga tempat-tempat
tersebut dari perbuatan yang tidak bertanggung jawab. Agar di masa depan kita
dapat merasakan keindahan seterusnya.
3. MANUSIA
DAN PENDERITAAN
· Pengertian
Penderitaan
Penderitaan
berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta yaitu dhra
artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan
sesuatu yang tidak menyenangkan. Berbagai kasus penderitaan terdapat dalam
kehidupan. Banyaknya macam kasus penderitaan sesuai dengan liku-liku kehidupan
manusia. Bagaimana manusia menghadapi penderitaan dalam hidupnya ? penderitaan
fisik yagn dialami manusia tentulah diatasi dengan cara medis untuk mengurangi
atau menyembuhkannya, sedangkan penderitan psikis,penyembuhannya terletak pada
kemampuan si penderita dalam menyelesaikan soal-soal psikik yang dihadapinya.
Penderitaan
akan dialami oleh semua orang, hal itu sudah merupakan “risiko” hidup. Tuhan
memberikan kesenangan atau kebahagiaan kepada umatnya, tetapi juga memberikan
penderitaan atau kesedihan yang kadang-kadang bennakna agar manusia sadar untuk
tidak memalingkan dariNya. Untuk itu pada umumnya manusia telah diberikan tanda
atau wangsit sebelumnya, hanya saja mampukah manusia menangkap atau tanggap
terhadap peringatan yang diberikanNya? Tanda atau wangsit demikian dapat berupa
mimpi sebagai pemunculan rasa tidak sadar dari manusia waktu tidur, atau
mengetahui melalui membaca koran tentang terjadinya penderitaan. Dalam diri
manusia itu ada cipta, rasa dan karsa. Karsa adalah sumber yang menjadi
penggerak segala aktivitas manusia. Cipta adalah realisasi dari adanya karsa
dan rasa. Baik karsa maupun rasa selalu ingin dipuaskan. Karena selalu ingin
dilayani, sedangkan rasa selalu ingin dipenuhi tuntutannya. Baru dalam keduanya
menemukan yang dicarinya atau diharapkan manusia akan merasa senang, merasa
bahagia. Apabila karsa dan rasa tidak terpenuhi apa yang dimaksudkan, manusia
akan mendatangkan rasa kurang mengakibatkan munculnya wujud penderitaan, bahkan
lebih dari itu, yaitu rasa takut. Rasa takut itu justru sudah menyelinap dan
datang menyerang kita sebelum bencana atau bahaya itu datang menyerangnya.
Kedua rasa itu termasuk penyakit batin manusia, maka usaha terbaik ialah
menyehatkan bathin itu sendiri, rasa kurang itu muncul dikarenakan adanya
anggapan lebih pada pihak lain.
Faktor
– faktor yang mempengaruhi penderitaan itu adalah faktor internal dan faktor
eksternal. Eksternal datangnya dari luar diri manusia. Factor ini dapat
dibedakan atas dua macam ; yaitu eksternal murni dan tak murni. Eksternal murni
adalah penyebab yang benar – benar berasal dari luar diri manusia yang
bersangkutan. Penderitaan itu tidak bukan merupakan akibat ulah manusia yang
bersangkutan.
· Sebab-sebab
Penderitaan
Penderitaan
manusia dapat diperinci sebagai berikut :
a.
Penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaab / azab tuhan
Penderitaan
manusia dapat juga terjadi akibat penyakit atau siksaan / azab tuhan. Namun
kesabaran, tawakal dan optimisme dapat merupakan usaha manusia untuk mengatasi
penderitaan itu.
b.
Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia
Penderitaan
yang menimpa manusia karena perbuatan buruk manusia dapat terjadi dalam
hubungan sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
Penderitaan ini kadang disebut nasib buruk.
Karena
perbuatan buruk antara sesama manusia maka manusia lain menjadi menderita,
mislalnya :
•
Pembantu rumah tangga yang diperkosa, disekap dan disiksa oleh majikanya
seharusnya majikan yang biadab itu diganjaran dengan hukuman penjara oleh
pengadilan negri supaya perbuatan itu dapat di perbaiki dan pembantu yang telah
menderita itu bisa dipulihkan
Perbuatan
buruk manusia terhadap lingkuangan juga menyebabkan penderitaan manusia,
misalnya :
•
Musibah banjir dan tanah longsor bermula dari penghunian liar di hutan lindung,
kemudian pohon-pohot dibabat menjadi tandus dan gundul oleh manusia penghuni
liar itu. Akibatnya beberapa jiwa jadi korban banjir, ratusan rumah hancur
· Penderitaan,
Media Massa, dan Seniman
Beberapa
sebab lain yang menimbulkan penderitaan manusia ialah kecelakaan, bencana alam,
bencana perang. dan lain-lain. Contohnya ialah tenggelamnya kapal Tampomas Dua
di perairan Masalembo, jatuhnya pesawat hercules yang mengangkut para perwira
muda di Condet, Meletusnya gunung galunggung,perang Irak-Iran.
Berita
mengenai penderitaan manusia silih berganti mengisi lembaran koran, layar TV,
pesawat radio, dengan maksud supaya semua orang yang menyaksikan ikut merasakan
dari jauh penderitaan manusia. Dengan demikiaan dapat menggugah hati manusia
untuk berbuat sesuatu. Nyatanya tidak sedikit bantuan dari para dermawan dan
sukarelawan berupa material atau tenaga untuk meringankan penderitaan dan
penyelamatan mereka dari musibah ini. Bantuan-bantuan ini dilakukan secara
perseorangan ataupun melalui organisasi-organisasi sosial, kemudian dikirimkan
atau diantarkan langsung ke tempat-tempat kejadian dan tempat-tempat
pengungsian.
Media
masa merupakan alat yang paling tepat untuk mengkomunikasikan
peristiwa-peristiwa penderitaan manusia secara cepat kepada masyarakt. Dengan
demikian masyarakat dapat segera menilai untuk menentukan sikap antara sesama
manusia terutama bagi yang merasa simpati. Tetapi tidak kalah pentingnya
komunikasi yang dilakukan para seniman melalui karya seni, sehingga para
pembaca, penontonnya dapat menghayati penderitaan sekaligus keindahan karya seni.
Sebagai contoh bagaimana penderitaan anak bemama Arie Hangara yang mati akibat
siksaan orang tuanya sendiri yang difilmkan dengan judul “Arie Hangara”.
· Pengaruh
Penderitaan
Dapat
berupa kekecewaan, duka, kesedihan, kekacauan hati dan fikiran. Pengaruh penderitaan
juga dapat berupa perubaahn pola berfikir seseorang, perubahan tingkah laku,
serta pandangan hidup seseorang. Tidak dapat dipungkiri jika suatu penderitaan
yang di alami oleh setiap orang, masih banyak yang berpandangan bahwa
penderitaan hanya membawa dampak buruk atau pengaruh buruk bagi mereka. Tanpa
disadari jika mereka berusaha berfikir dan menggali makna dari penderitaan
tersebut sebenarnya memiliki suatu arti berupa pelajaran bagi setiap individu
tersebut.
· Penderitaan
dan Perjuangan
Penderitaan
pasti di alami oleh setiap individu. Namun, jika individu tersebut tidak
mencoba berjuang untuk bangkit dari keterpurukan, hanya depresi dan kekalutan
yang akan terus dirasakan. Salah satu cara untuk terlepas dari keterpurukan
adalah dengan cara berjuang melewati keterpurukan tersebut. Tetapi, ingin
berjuang untuk bangkit dari keterpurukan atau tidak, itu tergantung dari setiap
individu itu sendiri yang mengalami penderitaan tersebut.
Mendekatkan
diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, selelu berfikir positif, dan tetap bersemangat
menjalani kehidupan, merupakan contoh-contoh tindakan untuk terlepas dari
hal-hal atau dampak suatu penderitaan. Walaupun tidak mudah untuk bangkit dari
penderitaan, namun jika terus berjuang, terus mencoba untuk bangkit pasti akan
dapat terlepas dari dampak penderitaan tersebut.
· Siksaan
Siksaan
atau penyiksaan (Bahasa Inggris: torture) digunakan untuk merujuk pada
penciptaan rasa sakit untuk menghancurkan kekerasan hati korban. Segala
tindakan yang menyebabkan penderitaan, baik secara fisik maupun psikologis,
yang dengan sengaja dilakukkan terhadap seseorang dengan tujuan intimidasi,
balas dendam, hukuman, sadisme, pemaksaan informasi, atau mendapatkan pengakuan
palsu untuk propaganda atau tujuan politik dapat disebut sebagai penyiksaan.
Siksaan dapat digunakan sebagai suatu cara interogasi untuk mendapatkan
pengakuan.
4
Siksaan Bersifat Psikis :
•
Kebimbangan, siksaan ini terjadi ketika manusia sulit untuk menentukan pilihan
yang mana akan meraka ambil dan mereka tidak ambil. Situasi ini sangat membuat
psikis manusia tidak stabil dan butuh pertimbangan yang amat sangat sulit.
•
Ketakutan, adalah suatu reaksi psikis emosional terhadap sesuatu yang ditakuti
oleh manusia.
•
Rasa takut ini dapat menimbulkan traumatik yang amat mendalam. Dampaknya
manusia bisa kehilangan akal pikirannya dan membuat manusia berkejatuhan
mental.
•
Kesepian, merupakan perasaan sepi yang amat sangat tidak diinginkan oleh setiap
manusia. Pada hakikatnya manusia itu adalah makhluk yang bersosial ,hidup
bersama dan tidak hidup seorang diri.Faktor ini dapat mengakibatkan depresi
kejiwaan yang berat dan merupakan siksaan paling mendalam yang menimpa rohani
manusia
Contoh-Contoh
Siksaan :
1.
Neraka
Berbicara
tentang neraka, kita selalu ingat kepada dosa. Juga terbayang dalam ingatan
kita, siksaan yang luar biasa, rasa sakit dan penderitaan yang hebat. Jelaslah
bahwa antara neraka, siksaan, rasa sakit, dan penderitaan terdapat hubungan
yang tak dapat dipisahkan satu sama lain. Empat hal itu merupakan rangkaian
sebab-akibat.
Manusia
masuk neraka karena dosanya. Oleh karena itu, bila kita berbicara tentang
neraka tentu berkaitan dengan dosa. Berbicara tentang dosa juga berbicara
tentang kesalahan.
2.
Rasa Sakit
Rasa
sakit adalah rasa yang penderita akibat menderita suatu penyakit. Rasa sakit
ini dapat menimpa setiap manusia. Kaya-miskin, besar-kecil, tua-muda,
berpangkat atau rendahan tak dapat menghindarkan diri darinya. Orang bodoh atau
pintar, bahkan dokter sekalipun.
Penderitaan,
rasa sakit, dan siksaan merupakan rangkaian peristiwa yang satu dan lainnya tak
dapat dipisahkan merupakan rentetan sebab akibat. Karena siksaan, orang merasa
sakit; dan karena merasa sakit, orang menderita. Atau sebaliknya, karena
penyakitnya tak sembuh-sembuh, ia merasa tersiksa hidupnya, dan mengalami
penderitaan.
· Kekalutan
Mental
Penderitaan
batin dalam ilmu psikologi dikenal sebagai kekalutan mental. Secara lebih
sederhana kekalutan mental adalah gangguan kejiwaan akibat ketidakmampuan
seseorang menghadapi persoalan yang harus diatasi sehingga yang bersangkutan
bertingkah laku secara kurang wajar. Gejala permulaan bagi seseorang yang
mengalami kekalutan mental adalah :
•
Nampak pada jasmani yang sering merasakan pusing, sesak napas, demam, nyeri
pada lambung
•
Nampak pada kejiwaannya dengan rasa cemas, ketakutan, patah hati, apatis,
cemburu, mudah marah
Tahap-tahap
gangguan kejiwaan adalah :
•
Gangguan kejiwaan nampak pada gejala-gejala kehidupan si penderita bais jasmana
maupun rokhani
•
Usaha mempertahankan diri dengan cara negative
•
Kekalutan merupakan titik patah (mental breakdown) dan yang bersangkutan
mengalami gangguan
Sebab-sebab timbulnya kekalutan
mental :
a.
Cara pematangan batin yang salah dengan memberikan reaksi yang berlebihan
terhadap kehidupan social
b.
Terjadinya konflik sosial budaya
c.
Kepribadian yang lemah akibat kondisi jasmani atau mental yang kurang sempurna
Bentuk
frustasi antara lain :
1.
Fiksasi; adalah peletakan pembatasan pada satu pola yang sama (tetap) misalnya
dengan membisu.
2.
Agresi berupa kamarahan yang meluap-luap akibat emosi yang tak terkendali dan
secara fisik berakibat mudah terjadi hypertensi atau tindakan sadis yang dapat
membahayakan orang sekitarnya.
3.
Proyeksi; merupakan usaha melemparkan atau memproyeksikan kelemahan dan
sikap-sikap sendiri yang negative kepada orang lain.
4.
Regresi adalah kembali pada pola perilaku yang primitive atau kekanak-kanakan.
5.
Autisme; ialah menutup diri secara total dari dunia riil, tidak mau
berkomunikasi dengan orang lain, ia puas dengan fantasinya sendiri yagn dapat
menjurus ke sifat yang sinting.
6.
Narsisme; adalah self love yang berlebihan sehingga yang bersangkutan merasa
dirinya lebih superior dari paa orang lain.
7.
Identifikasi; adalah menyamakan diri dengan seseorang yang sukses dalam
imaginasinya.
Penderitaan
kekalutan mental banyak terdapat dalam lingkungan seperti :
1.
Orang yang terlalu mengejar materi
2.
Anak-anak muda usia
3.
Wanita
4.
Kota – kota besar
5.
Orang yang tidak beragama
· Analisis
Tsunami Palu Donggala: korban tewas jadi 2.045,
bantuan mulai menembus wilayah terisolir
Di hari terakhir evakuasi, kembali ditemukan
sejumlah jenazah, dan korban tewas seluruhnya menjadi 2.045 orang, sementara
ratusan lain dinyatakan hilang selain ribuan orang yang dicemaskan tewas tak
teridentifikasi karena likuifaksi.
"Adapun
para korban selamat yang dulu penduduk Balaroa, Petobo dan Jono Oge, yang
hancur oleh likuifaksi, mereka semua meminta direlokasi ke tempat lain,"
kata Sutopo Purwo Nugroho juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana
(BNPB).
"Itu
data sampai pukul 13.00, tanggal 10 Oktober ini," kata Sutopo dalam jumpa
pers di BNPB, seperti dilaporkan Quiniwaty Pasaribu dari BBC News Indonesia.
Gempa
tsunami Palu Donggala: Korban tewas menjadi 2.010 orang, relawan asing
'diusir'. Gempa Palu: Korban meninggal 1.948, hilang 843, 'ribuan mungkin
terkubur'. Likuifaksi: Ketika tanah di Kota Palu dan sekitarnya tiba-tiba
'ambles’. Jumlah pengungsi sejauh ini 82.775 orang, dan 8.731 di antaranya di
luar Sulawesi Tengah.
Rehabilitasi
dan rekonstruksi akan mulai dilakukan November mendatang. Kawasan Petobo yang lenyap
ditelan bumi setelah tanah penyangga kampung itu mengalami penggemburan atau
likuifaksi.
Sutopo
menegaskan lagi, bahwa Rabu (10/10) ini merupakan hari terakhir upaya evakuasi,
pencarian dan penyelamatan, karena jenazah akan sudah terlalu parah kondisinya
dan tak akan bisa dikenali.
Kawasan
yang amblas dan terkubur tanah akibat proses likuifikasi, akan dijadikan
kawasan ruang terbuka hijau.
Analisis
:
Tsunami
adalah salah satu bencana alam yang sangat menakutkan. Indonesia menjadi salah
satu tempat yang terkena tsunami tahun 2018. Tsunami bisa merenggung banyak
ribuan nyawa dalam sekejap. Walaupun
masih bisa diprediksi kapan terjadinya tsunami dan alat peringatan. Tetapi
tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada korban. Orang-orang yang selamat pasti
terdapat keluarga, teman, atau saudara yang tewas menjadi korban tsunami. Hal
ini sangatlah sulit bagi mereka. Ditambah barang-barang yang mereka punyapun
tersapu begitu saja dan hilang. Mereka merasakan pedih setiap saat terutama
ketika keluarganya ikut menjadi korban.
Solusi
:
Banyaknya
kerugian yang disebabkan tsunami tidaklah kecil. Mereka kehilangan banyak hal.
Mereka kelaparan dan butuh keperluan lainnya untuk melanjutkan hidup. Terutama
karena rumah dan harta mereka yang tersapu oleh tsunami. Pemerintah memberi
bantuan kepada masyarakat berupa makanan, dan berbagai peralatan lainnya untuk
orang-orang yang selamat. Masyarakatpun memberikan sumbangan kepada
lembaga-lembaga tertentu untuk membantu proses rehabilitasi dan memberikan
sandang pangan untuk orang-orang yang selamat dari bencana ini. Jadi, sesama
manusia kita perlu menolong satu sama lain.
DAFTAR PUSTAKA
Widyo Nugroho,
Achmad Muchji. 1994. Ilmu Budaya Dasar.
Jakarta: Universitas Gunadarma.
http://jakarta.tribunnews.com/2019/04/02/menilik-desa-penglipuran-di-bali-yang-dinobatkan-sebagai-desa-terbersih-di-dunia?page=4
https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-45795714
Komentar
Posting Komentar