RANGKUMAN MATERI 1,2,3 ILMU BUDAYA DASAR
RINGKASAN
DAN ANALISIS KASUS
2.1
IBD sebagai salah satu MKDU
2.1.1 Pengertian IBD
Ilmu budaya dasar
(IBD) adalah suatu ilmu yang diberikan sebagai pelengkap pembentukan sarjana
paripurna, yang mampu memecahkan persoalan yang timbul dalam lingkungan
masyarakat yang merupakan unsur penting dalam proses pembangunan suatu bangsa.
2.1.2
Tujuan IBD
IBD bertujuan mengembangkan kepribadian
mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran dan kemampuan kritikal
terhadap masalah budaya. Suatu ilmu pengetahuan mengenai aspek-aspek yang
paling mendasar dalam kehidupan manusia sebagai makhluk berbudaya (homohumanus)
dan masalah-masalah yang menyertainya, sering disebut sebagai humanities yang
merupakan pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang
konsep-konsep yang dapat digunakan untuk masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
2.1.3
3
Kelompok Ilmu Pengetahuan IBD dan IPS
1. Ilmu Pengetahuan Alam adalah
istilah yang digunakan yang merujuk pada rumpun ilmu dimana obyeknya adalah
benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun
dimana pun. sedangkan dari sisi Ilmu Alamiah Dasar adalah mempelajari tentang
metode – metode ilmu kealaman dalam menjelaskan gejala – gejala alam secara
lebih filosofis.
2. Ilmu Pengetahuan Sosial adalah
sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan
dengan manusia dan lingkungan sosialnya.
3. Ilmu Pengetahuan Budaya adalah
ilmu-ilmu pengetahuan yang dianggap bertujuan membuat manusia lebih manusiawi,
dalam arti membuat manusia lebih berbudaya. Kategori yang tergolong dalam ilmu
ini seperti (Teologi, Filsafat,H ukum, Sejarah, Filologi, Bahasa, Budaya &
Linguistik (Kajian bahasa), Kesusastraan, Kesenian, Psikologi).
2.1.4
Perbedaan antara IBD dan IPS
1.
IBD : bertujuan untuk memberikan
pengetahuan dasar atau budaya dasar dan pengetian umum dari
konsep-konsep yang dikembangkan untuk menyelesaikan suatu masalah dalam
berbudaya dasar. IBD juga dipelajari atau diberikan pada perguruan tinggi, karena
merupakan mata kuliah tunggal yang artinya tidak dalam kelompok mata
pelajaran.
2.
IPS : bertujuan untuk membentuk
pengetahuan dan keterampilan intelektual, dan pada pendidikan tingkat dasar
sudah diberikan dasar dasar pengetahuan sosial maupun pada tingkat atas sampai
perguruan tinggi, dan IPS merupakan kelompok atau gabungan dari sejumlah mata
pelajaran.
2.1.5
Persamaan antara IBD dan IPS
Persamaan dari keduanya antara lain adalah :
1.
Keduanya merupakan bahan studi untuk
kepentingan program pendidikan atau pengajaran
2.
Keduanya bukan merupakan disiplin ilmu
yang berdiri sendiri
3.
Keduanya mempunyai materi yang terdiri
dari kenyataan sosial dan permasalahan sosial
2.1.6
3 Golongan bahan pelajaran IBD
1. Kenyataan-kenyataan
sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah
sosial tertentu.
2. Konsep-konsep
sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan -kenyataan sosial dibatasi
pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk
mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial.
3. Masalah-masalah
sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai
kenyataan-kenyataan sosial antara yang satu dengan yang lainnya saling
berkaitan
2.2 Manusia dan Kebudayaan
2.1.1 Unsur-Unsur yang Membangun
Manusia
Ada dua pandangan yang dapat dijadikan
acuan untuk menjelaskan tentang unsur-unsur yang membangun manusia :
1. Manusia terdiri dari 4 unsur yang
saling terkait yaitu :
·
Jasad : badan kasar manusia yang tampak dari luar, dapat
diraba dan menempati ruang
·
Hayat: mengandung unsur hidup yang ditandai gerak
·
Ruh:
bimbingan tuhan yang bekerja secara spiritual yang memahami kebenaran
·
Nafs :kesadaran
tentang diri sendiri
2. Manusia sebagai suatu kepribadian
memiliki 4 unsur, yaitu :
·
Id :
merupakan struktur kepribadian yang paling primitive dan paling tidak
tampak. Merupakan libido murni, atau energy psikis yang menunjukkan
ciri alami yang irrasional
·
Ego :
bagian yang pertama kali dibedakan dengan ID, disebut kepribadian
eksekutif karena peranannya dalam menghubungkan energy Id ke dalam saluran
social yang dapat dimengerti orang lain
·
Super Ego : kepribadian yang muncul paling akhir sekitar usia 5
tahun. Super ego terbentuk dari lingkungan ekternal. Super ego merupakan
kesatuan standar moral yang diterima ego dari sejumlah agen yang mempunyai
otoritas dalam lingkungan luar diri
2.2.2 Hakekat
Manusia
1.
Makhluk yang memiliki tenaga dalam yang dapat
menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.
2.
Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab
atas tingkah laku intelektual dan sosial.
3.
Yang mampu mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif mampu
mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya.
4.
Makhluk yang dalam proses menjadi berkembang dan terus berkembang
tidak pernah selesai (tuntas) selama hidupnya.
5.
Individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya
dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri, membantu orang lain dan membuat
dunia lebih baik untuk ditempati
6.
Suatu keberadaan yang berpotensi yang perwujudanya merupakan
ketakterdugaan dengan potensi yang tak terbatas
7.
Makhluk Tuhan yang berarti ia adalah makhluk yang mengandung
kemungkinan baik dan jahat.
8.
Individu yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan turutama
lingkungan sosial, bahkan ia tidak bisa berkembang sesuai dengan martabat
kemanusaannya tanpa hidup di dalam lingkungan sosial.
2.2.3 Perbedaan Manusia dengan Makhluk lain
1. Punya masa
menopause
Berbeda dengan sebagian besar binatang yang akan terus bereproduksi hingga akhir hayatnya, manusia khususnya wanita hanya akan bereproduksi sampai tiba pada suatu masa yang disebut menopause.
Berbeda dengan sebagian besar binatang yang akan terus bereproduksi hingga akhir hayatnya, manusia khususnya wanita hanya akan bereproduksi sampai tiba pada suatu masa yang disebut menopause.
2. Melewati
masa kecil lebih lama
Dibandingkan primata maupun binatang yang lain, manusia menghabiskan waktu yang lebih lama untuk tinggal bersama dan mengasuh keturunannnya. Beberapa ahli menduga hal ini dipicu oleh ukuran otak manusia yang lebih besar, sehingga butuh waktu lebih lama untuk berkembang dengan sempurna.
Dibandingkan primata maupun binatang yang lain, manusia menghabiskan waktu yang lebih lama untuk tinggal bersama dan mengasuh keturunannnya. Beberapa ahli menduga hal ini dipicu oleh ukuran otak manusia yang lebih besar, sehingga butuh waktu lebih lama untuk berkembang dengan sempurna.
3. Wajah
memerah saat tersipu
Dari semua bentuk ekspresi, wajah yang memerah saat tersipu malu adalah yang paling unik dan hanya terjadi pada manusia. Tidak diketahui pasti bagaimana hal ini terjadi, namun hal ini dinilai telah banyak membantu manusia untuk bersikap jujur.
Dari semua bentuk ekspresi, wajah yang memerah saat tersipu malu adalah yang paling unik dan hanya terjadi pada manusia. Tidak diketahui pasti bagaimana hal ini terjadi, namun hal ini dinilai telah banyak membantu manusia untuk bersikap jujur.
4. Bisa
menciptakan api
Kemampuan manusia untuk membuat api adalah bekal penting dalam memenangkan seleksi alam. Ancaman predator nokturnal yang mengintai ketika hari mulai gelap menjadi mudah bagi manusia untuk ditanggulangi.
Kemampuan manusia untuk membuat api adalah bekal penting dalam memenangkan seleksi alam. Ancaman predator nokturnal yang mengintai ketika hari mulai gelap menjadi mudah bagi manusia untuk ditanggulangi.
5. Mengenal
pakaian
Tidak seperti kera yang tubuhnya tertutup bulu (rambut), secara alami manusia tidak punya pelindung terhadap perubahan suhu di permukaan kulitnya. Namun dengan kecerdasan yang dimiliki, manusia bisa membuat pakaian yang menggantikan fungsi bulu pada beberapa jenis binatang.
Tidak seperti kera yang tubuhnya tertutup bulu (rambut), secara alami manusia tidak punya pelindung terhadap perubahan suhu di permukaan kulitnya. Namun dengan kecerdasan yang dimiliki, manusia bisa membuat pakaian yang menggantikan fungsi bulu pada beberapa jenis binatang.
6. Berbicara
Sejak kurang lebih 35.000 tahun yang lalu, manusia memiliki tenggorokan yang posisinya lebih rendah dibandingkan pada simpanse. Ditunjang dengan tulang hyoid berbentuk tapal kuda yang terletak di bawah lidah, manusia mampu mengontrol suara yang dihasilkan sehingga bisa berbicara.
Sejak kurang lebih 35.000 tahun yang lalu, manusia memiliki tenggorokan yang posisinya lebih rendah dibandingkan pada simpanse. Ditunjang dengan tulang hyoid berbentuk tapal kuda yang terletak di bawah lidah, manusia mampu mengontrol suara yang dihasilkan sehingga bisa berbicara.
7. Jemari
tangan yang fleksibel
Manusia adalah satu-satunya spesies yang bisa memutar jempol tangannya ke berbagai arah hinggga 360 derajat. Jari-jari yang lain juga lebih fleksibel dibandingkan primata, sehingga manusia menjadi spesies paling terampil dalam memanfaatkan peralatan.
Manusia adalah satu-satunya spesies yang bisa memutar jempol tangannya ke berbagai arah hinggga 360 derajat. Jari-jari yang lain juga lebih fleksibel dibandingkan primata, sehingga manusia menjadi spesies paling terampil dalam memanfaatkan peralatan.
2.2.4 Kepribadian Bangsa Timur
1.
Ramah dan Sopan
Sifat
tersebut menunjukkan bahwa bangsa timur memiliki sifat yang ramah dan sopan
serta mudah bersosialisasi dengan bangsa lainnya. Sikap peduli terhadap
lingkungan sekitar membuat bangsa timur mudah bergaul berbeda dengan bangsa
barat yang cenderung hidup lebih individualis.
2.
Pekerja Keras
Pekerja
keras merupakan ciri-ciri bangsa timur. Bangsa timur dikenal dengan
orang-orangnya yang tidak mudah menyerah, rajin dan bersungguh sungguh saat
melakukan sesuatu apalagi yang berhubungan dengan pekerjaan.
3.
Keagamaan dan Kebudayaan
Bangsa
timur juga terkenal karena keragaman ras dan kebudayaan. Tidak hanya menang
kuantitas, hal utama yang menjadi pedoman hidup bangsa timur adalah tradisi dan
agama. Karena keterikatan dengan adat dan budaya menjadikan pembatas
individu-individu bangsa timur untuk mencapai potensi maksimalnya.
4.
Kesopanan
Bangsa
timur dikenal dengan kesopanannya dan menjunjung tinggi norma kesopanan. Adat
yang berlaku di lingkungna bangsa timur sangat berpengaruh terhadap kesopanan
orang-orangnya.
5.
Kepintaran dan Kecerdasan
Karena
bangsa timur dikenal pekerja keras dan rajin ini menyebabkan bangsa timur
cerdas dan pantang menyerah.
6.
Norma
Sebagai
bangsa timur, dikenal amat menjunjung tinggi norma-norma. Bangsa timur
cenderung tidak suka menyangkut hal-hal yang bertentangan dengan norma.
7.
Mengutamakan Keluarga
Kebanyakan
orang-orang bangsa timur sangat bergantung pada keluarganya. Keluarga menjadi
faktor utama dalam kehidupan bangsa timur itu sendiri.
2.2.5 Bagan Psiko-Sosiogram Manusia
2.2.6 Pengertian Kebudayaan
Kebudayaan merupakan keseluruhan
perilaku dari manuasia dan hasil yang diperoleh melalui proses belajar dan
segalanya tersusun dalam kehidupan masyarakat.
2.2.7
Tokoh-Tokoh Kebudayaan
1. Basuki
Abdullah
Basuki
Abdullah lahir di Surakarta, 25 Januari 1915. Basuki Abdullah adalah salah satu
pelukis terkenal Indonesia. Pelukis beraliran realis dan naturalis ini pernah
diangkat menjadi pelukis resmi Istana Merdeka pada 1974. Lukisan-lukisan
karyanya menghiasi istana negara, selain menjadi koleksi dari berbagai penjuru
dunia. Basuki Abdullah lahir di Surakarta, 25 Januari 1915. Basuki Abdullah
adalah salah satu pelukis terkenal Indonesia. Pelukis beraliran realis dan
naturalis ini pernah diangkat menjadi pelukis resmi Istana Merdeka pada 1974.
Lukisan-lukisan karyanya menghiasi istana negara, selain menjadi koleksi dari
berbagai penjuru dunia. Selain menjadi pelukis, dia juga pandai menari dan
sering tampil dengan tarian wayang orang sebagai Rahwana atau Hanoman. Pria
yang menikah empat kali ini tidak hanya menguasai soal kewayangan, budaya Jawa
di mana dia berasal. Tetapi juga menggemari komposisi-kompasisi Franz Schubert,
Beethoven dan Paganini, dengan demikian wawasannya sebagai seniman luas dan
tidak Jawasentris.Kemtiannya cukup tragis. Basuki Abdullah tewas dibunuh
perampok di rumah kediamannya, pada 5 November 1993. Ia meninggal dalam usia 78
tahun. Jenazahnya dimakamkan di Desa Mlati, Sleman, Yogyakarta.
2. Ismail
Marzuki
Ismail
Marzuki dikenal sebagai komponis yang aktif dan produktif. Dia lahir di
Jakarta, 11 Mei 1914. Karya-karyanya seolah tak akan pernah padam hingga kini.
Kesyahduan, lirik yang penuh jiwa nasionalis-romantis, syair yang kuat, melodi
yang indah, serta memiliki nilai keabadian yang tinggi.Ada lebih dari 250
karyanya yang beberapa di antaranya masih sering dilantun-dengarkan hingga
kini, di antaranya adalah Indonesia Pusaka, Sabda Alam dan Juwita Malam yang
dipopulerkan oleh Chrisye, Selendang Sutera, dan Sepasang Mata Bola. Tak hanya
itu, lagunya yang berjudul Rayuan Pulau Kelapa yang diciptakan pada tahun 1944
pun beberapa waktu lalu sempat diputar setiap harinya oleh TVRI.Memulai karir sebagai komponis, lagu
pertama yang dihasilkan pria yang akrab disapa Ismail ini adalah lagu "O
Sarinah" sebuah lagu yang bercerita mengenai kondisi kehidupan bangsa yang
tertindas pada tahun 1931. Dalam bermusik, anak kampung Kwitang ini dikenal
mempunyai kebebasan berekspresi, leluasa bergerak dari satu jenis aliran musik
ke jenis aliran musik yang lain. Selain itu, ia juga punya kemampuan menangkap
inspirasi lagunya dengan beragam tema. Ia juga dikenal sebagai pemusik yang
mewarnai sejarah dan dinamika musik Indonesia.Pada tanggal 25 Mei 1958 Ismail
meninggal di Kampung Bali, Tanah Abang di usia 44 tahun.
3. Ki
Nartosabdo
Lahir
di Klaten, 25 Agustus 1925 meninggal di Semarang, 7 Oktober 1985
pada umur 60 tahun) adalah seorang seniman musik dan dalang wayang kulit
legendaris dari Jawa Tengah, Indonesia. Salah satu dalang ternama saat ini,
yaitu Ki Manteb Soedharsono mengakui bahwa Ki
Nartosabdo adalah dalang wayang kulit terbaik yang pernah dimiliki
Indonesia dan belum tergantikan sampai saat ini.Nama asli Ki Nartosabdo adalah
Soenarto. Merupakan putra seorang perajin sarung keris bernama Partinoyo. Pada
tahun 1945 Soenarto berkenalan dengan pendiri grup Wayang Orang Ngesti Pandowo,
yaitu Ki Sastrosabdo. Sejak itu ia mulai mengenal dunia pedalangan di mana Ki
Sastrosabdo sebagai gurunya. Bahkan karena jasa-jasanya membuat banyak kreasi
baru bagi grup tersebut, Soenarto memperoleh gelar tambahan "Sabdo"
di belakang nama aslinya. Gelar itu diterimanya pada tahun 1948, sehingga sejak
saat itu namanya berubah menjadi Nartosabdo.
2.2.8 Unsur Kebudayaan Universal
Koentjaraningrat (1985) menyebutkan ada
tujuh unsur-unsur kebudayaan. Ia menyebutnya sebagai isi pokok kebudayaan.
Ketujuh unsur kebudayaan universal tersebut adalah :
1. Sistem Religi.
2. Sistem Organisasi Masyarakat
3. Sitem Pengetahuan
4. Sistem Mata Pencaharian Hidup dan
Sistem – Sistem Ekonomi
5. Sistem Teknologi dan Peralatan
6. Bahasa
7. Kesenian
2.2.9 Perbedaan Kebudayaan dalam Dua
Bentuk Wujud
1.
Kebudayaan material
Kebudayaan
material mengacu pada semua ciptaan masyarakat yang nyata. Kebudayaan material
juga mencangkup barang-barang, seperti televise, pesawat terbang, stadion
olahraga, pakaian, dan gedung pencakar langit.
2.
Kebudayaan nonmaterial
Kebudayaan
nonmaterial adalah ciptaan-ciptaan abstrak yang diwariskan dari generasi ke
generasi, yaitu seperti dongeng, cerita rakyat dan lagu atau tari tradisional.
2.2.10 Wujud Kebudayaan Menurut
Dimensi Wujudnya
Wujud dari kebudayaan itu sendiri adalah
:
1.
Gagasan
(Wujud ideal)
Wujud
ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide, gagasan,
nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak.
2.
Aktivitas (tindakan)
Aktivitas
adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam
masyarakat itu. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial.
3.
Artefak (karya)
Artefak
adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan
karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat
diraba, dilihat, dan didokumentasikan. Sifatnya paling konkret diantara ketiga
wujud kebudayaan.
2.2.11 Masalah Pokok Kehidupan
Manusia dalam Sistem Nilai Budaya
1. Hakekat hidup manusia.
2. Hakekat karya manusia.
3. Hakekat waktu manusia.
4. Hakekat alam manusia.
5. Hakekat hubungan manusia.
2.2.12 Faktor yang Mempengaruhi
Diterima atau Tidaknya Suatu Unsur Budaya Baru
1. Terbatasnya masyarakat memiliki
hubungan atau kontak dengan kebudayaan dan dengan orang-orang yang berasal dari
luar masyarakat tersebut.
2. Jika pandangan hidup dan nilai yang
dominan dalam suatu kebudayaan ditentukan oleh nilai-nilai agama.
3. Corak struktur sosial suatu
masyarakat turut menentukan proses penerimaan kebudayaan baru. Misalnya sistem
otoriter akan sukar menerima unsur kebudayaan baru.
4. Suatu unsur kebudayaan diterima jika
sebelumnya sudah ada unsur-unsur kebudayaan yang menjadi landasan bagi
diterimanya unsur kebudayaan yang baru tersebut.
5. Apabila unsur yang baru itu memiliki
skala kegiatan yang terbatas.
2.2.13 Penyebab Terjadinya Gerak
atau Perubahan Kebudayaan
Budaya Merupakan sesuatu yang tidak
statis, tetapi dinamis. Maksudnya Budaya dapat berubah seiring perkembangan
zaman yang ada. Namu, tidak semua unsur-unsur yang ada di dalam budaya tersebut
berubah.
Budaya tersebut dapat berubah secara
perlahan maupun secara tiba-tiba. Tergantung seberapa lama dan seberapa kuat
budaya tersebut. Hal-hal yang menyebabkan suatu budaya berubah atau goyah dari
budaya aslinya adalah, pertama, sebab budaya berubah bisa dari masyarakat dan
kebudayaan itu sendiri. Seperti perubahan jumlah dan komposisi penduduk.
Sebab
kedua terjadinya perubahan di dalam budaya adalah oleh perubahan lingkungan
alam dan lingkungan fisik tempat budaya itu berada. Masyarakat yang hidupnya
terbuka, yang berada di dalam jalur-jalur hubungan dengan masyarakat dan
kebudayaan lain, cenderung berubah lebih cepat.
Perubahan ini selain karena jumlah
penduduk dan komposisinya, juga karena adanya difusi kebudayaan,
penemuan-penemuan baru khususnya di bidang teknologi dan inovasi. Selain itu
proses akulturasi di dalam sejarah kebudayaan yang terjadi pada masa silam juga
bisa mempengaruhi terjadinya perubahan budaya. Oleh sebab itu proses akulturasi
bisa berdampak positif dan juga negaatif di dalam suatu kebudayaan, khususnya
dalam perubahan budaya itu sendiri.
2.2.14 Hubungan antara Manusia dan
Kebudayaan
Manusia dan kebudayaan sangat erat
terkait satu sama lain. Manusia dan kebudayaan merupakan salah satu ikatan yang
tak bisa dipisahkan dalam kehidupan ini. Manusia sebagai makhluk Tuhan yang
paling sempurna menciptakan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya
secara turun menurun. Budaya tercipta dari kegiatan sehari-hari dan juga dari
kejadian-kejadian yang sudah diatur oleh Sang Pencipta.
Budaya tercipta/terwujud merupakan hasil
dari interaksi antara manusia dengan segala isi yang ada di alam raya ini.
Manusia di ciptakan oleh tuhan dengan dibekali oleh akal pikiran sehingga mampu
untuk berkarya di muka bumi ini dan secara hakikatnya menjadi khalifah di muka
bumi ini. Di samping itu manusia juga memiliki akal, intelegensia,
intuisi, perasaan, emosi, kemauan, fantasi dan perilaku.Dengan semua kemampuan
yang dimiliki oleh manusia maka manusia bisa menciptakan kebudayaan. Ada
hubungan dialektika antara manusia dan kebudayaan. Kebudayaan adalah produk
manusia, namun manusia itu sendiri adalah produk kebudayaan. Dengan kata lain,
kebudayaan ada karena manusia yang menciptakannya dan manusia dapat hidup
ditengah kebudayaan yang diciptakannya. Kebudayaan akan terus hidup manakala
ada manusia sebagai pendudukungnya Manusia.
2.2.15 Contoh Hubungan antara
Manusia dan Kebudayaan
1. Kebudayaan-kebudayaan khusus atas
dasar faktor kedaerahan
2. Cara hidup di kota dan di desa yang
berbeda ( urban dan rural ways of life)
3. Kebudayaan-kebudayaan khusus kelas
sosial
4. Kebudayaan khusus atas dasar agama
5. Kebudayaan berdasarkan profesi
2.2.16 Pengertian Dialektis
Dialektis
adalah ilmu Pengetahuan tentang hukum yang paling umum yang mengatur
perkembangan alam, masyarakat dan pemikiran.
2.2.17 Tahap dalam Proses Dialektis
1. Tahap
Eksternalisasi
Adalah
proses pencurahan diri manusia secara terus-menerus kedalam dunia melalui
aktivitas fisik dan mentalnya.
2. Tahap
Objektivasi
Adalah
konsekuensi logis dari tahap eksternalisasi. Artinya, jika dalam tahap
eksternalisasi manusia sibuk melakukan kegiatan fisik dan mentalnya, maka dalam
tahap objektivasi, kegiatan tersebut sudah menghasilkan produk-produk tertentu,
misalnya; gedung, mobil, komputer, buku-buku ilmiah, dsb.
3. Tahap
Internalisasi
Adalah
tahap dimana realitas objektif hasil ciptaan manusia itu kembali diserap oleh
manusia. Dengan kata lain, struktur dunia objektif hasil karyanya
ditransformasikan kembali ke dalam struktur kesadaran subjektifnya.
2.3 Konsepsi
Ilmu Budaya Dasar dalam Kesusastraan
2.3.1
Pengertian Sastra dan Seni
Sastra (Sanskerta: shastra) merupakan kata serapan dari
bahasa Sanskerta ‘Sastra’, yang berarti “ teks
yang mengandung instruksi” atau “pedoman”, dari kata dasar ‘Sas’ yang berarti
“instruksi” atau “ajaran” dan ‘Tra’ yang berarti “alat” atau “sarana”. Dalam
bahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada “kesusastraan”
atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu.
Sedangkan, Seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu
merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari
ekspresi dari kreativitas manusia. Seni juga dapat diartikan dengan sesuatu
yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan.
2.3.2
Peranan Sastra
Hampir di setiap jaman, sastra mempunyai peranan yang
lebih penting. Alasan pertama, karena sastra mempergunakan bahasa. Sementara
itu, bahasa mempunyai kemampuan untuk menampung hampir semua pernyataan
kegiatan manusia. Sastra juga lebih mudah berkomunikasi, karena pada hakekatnya
karya sastra adalah penjabaran abstraksi.
2.3.3
Hubungan Sastra dan Seni dengan Ilmu Budaya Dasar
IBD sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian
mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya
terhadap nilai-nilai budaya. Pada waktu menggunakan karya sastra, misalnya.
Mahasiswa tidak perlu mengetahui sejarah sastra, teori sastra, kritik sastra,
dan sebagainya. Memang seperti cabang-cabang the humanities lainnya, dalam ilmu
budaya dasar, sastra tidak diajarkan sebagai salah satu disiplin ilmu. Sastra
disini digunakan sebagai alat untuk membahas masalah-masalah kemanusiaan yang
dapat membantu mahasiswa untuk menjadi lebih humanus. Demikian juga filsafat,
music, seni rupa, dan sebagainya.
2.3.4
Pengertian Prosa
Prosa adalah cerita rekaan dan didefinisikan sebagai
bentuk cerita atau prosa kisahan yang mempunyai pemeran, lakuan, peristiwa, dan
alur yang dihasilakn oleh daya khayal atau imajinasi.
2.3.5
Jenis-Jenis Prosa
Dalam kesuastraan Indonesia kita mengenal jenis prosa
lama dan prosa baru yaitu:
·
Prosa lama adalah
prosa bahasa indonesia yang belum terpengaruhi budaya barat.
·
Prosa baru adalah
prosa yang dikarang bebas tanpa aturan apa pun.
2.3.6
Komponen dalam Prosa Lama
Prosa lama meliputi
·
Dongeng
·
Hikayat
·
Sejarah
·
Epos
·
Cerita pelipur lara
2.3.7
Komponen dalam Prosa Baru
Prosa baru meliputi
·
Cerita pendek
·
Roman/novel
·
Biografi
·
Kisah
·
Otobiografi
2.3.8
Pengertian Prosa Fiksi
Prosa fiksi adalah prosa
yang berupa cerita rekaan atau khayalan/ imajinasi pengarangnya. Isi cerita
tidak sepenuhnya berdasarkan pada fakta
2.3.9
Nilai-Nilai yang Ada dalam Prosa Fiksi
Prosa fiksi atau karya
sastra secara langsung atau tidak akan membawakan pesan moral. Berikut ada 4
nilai-nilai dalam prosa fiksi:
1.
Prosa fiksi memberikan
kesenangan, pembaca akan mendapatkan pengalaman sebagaimana mengalaminya
sendiri peristiwa itu peristiwa atau kejadian sacral. Pembaca juga dapat
mengenal tokoh-tokoh baru dalam karya sastra tersebut.
2.
Prosa fiksi memberikan
informasi, prosa fiksi memberikan sejenis informasi yang tidak terdapat di
dalam ensiklopedi.
3.
Prosa fiksi memberikan
warisan kultural, prosa fiksi dapat menstimun imaginasi, dan merupakan sarana
bagi pemindahan yang tak henti-hentinya dari waridan budaya bangsa.
4.
Prosa memberikan
keseimbangan wawasan, lewat prosa fiksi seseorang dapat menilai kehidupan
berdasarkan pengalaman-pengalaman dengan banyak individu. Fiksi juga
memungkinkan lebih banyak kesempatan untuk memilih respon-respon emosional atau
rangsangan aksi yang mungkin sangat berbeda daripada apa yang disajikan dalam
kehidupan sendiri. Berikut contoh-contoh karya sastra yang ada di Indonesia
seperti dongeng Ramayana dan Mahabarata dan Hikayah Hang Tuah.
2.3.10
Karya Sastra
1.
Sastra Lama
Sastra lama adalah
karya-karya sastra yang dihasilkan oleh sastrawan yang berda pada zaman
kerajaan atau dimana belum ada pergerakan nasional. Sastra lama terdiri dari
pantun, dongeng, dan hikayat.
2.
Sastra Modern
Sastra modern adalah
karya-karya sastra yang hidup dan berkembang dikehidupan masyarakat modern.
Sastramodern lahir setelah munculnya pergerakan nasional. Sastra modern sendiri
biasanya berupa puisi, prosa, cerpen, novel, roman, dan drama.
2.3.11
Contoh Prosa
Putri
Pandan Berduri
Alkisah, di Pulau Bintan
ada seorang batin atau pemimpin suku bernama Lagoi. Suatu hari, Batin Lagoi
mendengar suara tangisan bayi. Alangkah kagetnya ia ketika menemukan bayi
perempuan di semak-semak. Karena iba, bayi itu dibawa pulang dan diberi nama Putri
Pandan Berduri.
Putri Pandan Berduri tumbuh
menjadi gadis yang baik hati dan halus budi pekertinya. Orang-orang sekitar
sangat menyayanginya. Suatu hari, Putri Pandan Berduri jalan-jalan ke pasar. Di
sana, ia bertemu nenek yang membawa kayu bakar. Ia segera menghadap Batin Lagoi
dan minta izin untuk membantu nenek yang dijumpainya di pasar dan belajar arti
hidup.
Karena Pandan Berduri
bersikukuh, Batin Lagoi memberi izin. Setelah itu, Pandan Berduri tinggal
bersama si Nenek. Setiap harinya, Putri Pandan Berduri mencari kayu bakar,
menanak nasi, mencuci baju, dan membantu membersihkan rumah. Walaupun lelah, ia
menikmati pekerjaannya. Si Nenek sangat senang kepada Pandan Berduri. Si Nenek
terus mengajarinya tentang arti hidup dan bekerja keras.
Setelah beberapa lama,
Pandan Berduri pulang. Ia sudah mengerti anti perjuangan hidup. Hal ini membuat
Batin Lagoi senang. Sekarang, Pandan Berduri semakin bijaksana. Hal ini menarik
perhatian seorang pemuda yang bernama Jenang Perkasa. Pemuda berbudi baik itu
menghadap Batin Lagoi untuk meminang Pandan Berduri. Gayung bersambut, Pandan
Berduri rupanya juga menaruh hati. Tidak lama kemudian, dilangsungkan
pernikahan keduanya. Kelak, anak cucu mereka menjadi cikal bakal penduduk Pulau
Bintan, Kepulauan Riau.
2.3.12
Pengertian Puisi
Puisi termasuk seni sastra, sedangkan sastra bagian
dari kesenian, dan kesenian cabang/unsur dari kebudayaan. Kalau diberi Batasan,
maka puisi adalah ekspresi pengalaman jiwa penyair mengenai kehidupan manusia,
alam, dan Tuhan melalui media bahasa yang artistic/estetik, yang secara padu
dan utuh dipadatkan kata-katanya.
2.3.13
Kreativitas Penyair dalam Membangun Puisinya
1.
Figura bahasa (Figurative
language)
2.
Kata-kata yang ambiguitas
yaitu kata-kata yang bermakna ganda, banyak tafsir.
3.
Kata-kata berjiwa yaitu
kata-kata yang sudah diberi suasana tertentu, berisi perasaan dan oengalaman
jiwa penyair sehingga terasa hidup dan memukau.
4.
Kata-kata yang konotatif
yaitu kata-kata yang sudah diberi tambahan nilai-nilai rasa sehingga asosiasi
tertentu.
5.
Pengulangan, yang berfungsi
untuk mengintensifkan hal-hal yang dilukiskan, sehingga lebih menggugah hati.
2.3.14
Alasan-Alasan yang Mendasari Penyajian Puisi dalam IBD
1.
Hubungi puisi dengan
pengalaman hidup manusia, manusia senantiasa ingin memiliki salah satu
kebutuhan dasarnya untuk lebih menghidupkan pengalaman hidupnya dari sekedar
kumpulan pengalaman langsung yang terbatas.
2.
Puisi dan
keinsyafan/kesadaran individual, dengan membaca puisi mahasiswa dapat diajak
untuk dapat menjenguk hati/pikiran manusia, baik orang lain maupun diri
sendiri.
3.
Puisi dan keinsyafan
social, secara imaginative puisi dapat menfsirkan situasi dasar manusia social
yang bias berupa penderitaan atas ketidak adilan, perjuangan untuk kekuasaan,
konflik dengan sesamanya, pemberontak, terhadap terhadap hukum Tuhan.
Analisis
Kasus
BAB
1
Tak
Tahan Di-Bully, Pria Jombang Ini Tega Bunuh Teman Akrabnya
SURYAMALANG.COM, JOMBANG – Polisi berhasil
mengungkap kasus pembunuhan Bayu Adi Santo (21) yang mayatnya ditemukan di tepi
sungai Desa Bongkot, Kecamatan Peterongan, Jombang.
Polisi telah menangkap Huda (30) yang
diduga membunuh Bayu. Pria asal Desa Ngrandu Lor, Kecamatan Peterongan, Jombang
ini membunuh Bayu karena sakit hati dan dendam kepada korban yang merupakan
teman dekatnya tersebut. Tersangka merasa sering di-bully alias diolok-olok
oleh korban. “Saya sering diejek dia. Selama setahun berteman, saya kerap
di-bully.”
“Bahkan saya pernah juga diludahi. Saya
sakit hati,” kata Huda kepada Kasat Reskrim Polres Jombang, AKP Azi Pratas
Guspitu menjelaskan Huda dan Bayu Adi Santo adalah teman akrab. Namun, Bayu
sering berlaku keterlaluan kepada Huda.Tersangka kerap disuruh, diperintah,
diumpat, diolok, bahkan pernah diludahi. Karena sering dihina itulah Huda sakit
hati, dendam, dan diam-diam merencanakan pembunuhan terhadap teman karibnya
tersebut.
Dari
kasus tersebut kita mengetahui bahwa budaya bully sudah ada dari lama. Hal ini
berdampak buruk bagi orang yang terkena bully tersebut. Bully adalah penggunaan
kekerasan, ancaman, atau paksaan terhadap seseorang. Bully sendiri merupakan
tindakan yang sangat fatal yang mempengaruhi psikologi manusia. Mental ini
sangat berpengaruh terhadap orang yang dibully. Bukan hanya di Indonesia,
tetapi bully ada di seluruh dunia. Bully sendiri merupakan masalah yang sampai
saat ini sulit untuk diatasi. Bukan hanya kalangan remaja, bully sendiri bisa
disemua kalangan sampai dewasa. Bully ini tercipta akan adanya rasa ingin
menguasai dan merasa dirinya lebih dari orang yang dibully. Biasanya orang yang
membully mempunyai rasa puas tentang apa yang dia lakukan. Orang yang membully
senang melihat korban tersiksa. Hal ini lah yang menjadi sifat yang sulit
diatasi karena akan budaya kerakusan manusia. Bahkan, tanpa sadar bahwa dia
pernah membully walaupun tanpa niatan. Hal tersebut sangatlah berbahaya bagi
mental seseorang yang dibully. Dia merasa enggan bersosialisasi dengan orang
lain. Dia merasa apa yang dilakukannya akan selalu salah. Bahkan banyak kasus
bunuh diri akibat bully ini.
Solusi
Kasus
Bully merupakan hal yang sering terjadi.
Tetapi tidak menutup kemungkinan mereka dapat bersembunyi untuk melakukan hal
tersebut. Bully sangat sulit untuk diawasi. Tetapi, sebagai manusia. Lalu
bagaimana cara mengatasi bully di dalam lingkungan jaman sekarang ini? Kita
patut peka terhadap peraasaan orang lain, karena setiap orang memiliki
perasaannya masing masing. Dengan meningkatkan kepekaan terhadap seseorang dan
saling menghargai satu sama lain. Dengan meningkatkan sopan santun kepada siapa
saja dan memiliki pikiran yang baik kepada orang lain entah itu. Walaupun
sedikit kemungkinan mengatasi hal ini, tetapi dengan etika kita terhadap orang
lain dimulai dengan hal yang kecil, hal itu dapat membantu mengatasi masalah
ini.
BAB 2
Dua Desainer Indonesia Pamerkan Karyanya di Australia
Perancang busana asal Indonesia, Novita Yunus dan
Savira Lavinia, mendapat kesempatan untuk memamerkan karyanya dalam Fashions of
Multicultural Australia (FOMA) di Sydney, Australia pada 1 Maret lalu. Novita
memamerkan busana bertema Batik Tuban dengan merek Batik Chic. Savira
menampilkan karya yang terinspirasi dari kehidupan Jakarta dengan merek
SavLavin. Konsulat Jenderal Republik Indonesia untuk Sydney Heru Hartanto
Subolo mengatakan kedua perancang busana memiliki keunikan bagi pasar
Australia. "Kami ingin menunjukkan keberagaman budaya dalam produk
desainer Tanah Air," kata Heru dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/3).
Pameran busana FOMA tak hanya ajang promosi busana. FOMA juga ingin mengenalkan
keragaman jenis produk serta meningkatkan peluang bisnis yang mengusung
kebudayaan. Industri busana Negeri Kangguru memiliki potensi AU$ 12 miliar dan
membuka lapangan kerja bagi 220 ribu orang. Malam itu, Novita dan Savira
bersanding dengan perancang busana internasional lainnya, seperti Aida Guirguis
dari Mesir, Anjilla Seddeqi dari Afghanistan, Katya Komarova dari Rusia,
Yoonkyung Jang dari Korea Selatan, serta bermacam negara lainnya. (Baca:
Desainer Sorot Perubahan Pasar Fesyen Domestik) Novita dalam akun instagram
@yunus.novita mengungkapkan rasa bangga karena ikut serta dalam pameran
internasional. "A dream come true," tulisnya. Ia sebelumnya pernah
mengikuti ajang pagelaran busana di Italia dan India pada 2017. Penghargaan
UNESCO Award of Excellence for Handicraft juga pernah ia raih pada 2012. Dengan
merek Batik Chic, Novita mengikuti Indonesia Trade Promotion Center (TPC) di
Milan, Italia, selama dua tahun berturut-turut, yaitu 2012 dan 2013. Savira
dalam akun instagram resmi brand-nya @savlavin juga menuturkan ungkapan yang
sama. Dia berterima kasih karena telah memilih SavLavin untuk ikut serta dalam
FOMA. Merek itu telah melakukan debut di pekan mode Los Angeles, Amerika
Serikat pada 2017. Tahun berikutnya, SavLavin tampil dalam ajang Jakarta
Fashion Week. FOMA Director Sonia Gandhi mengatakan, ajang ini dapat menyatukan
komunitas dan memupuk kohesi sosial. "Karena butuh bertahun-tahun untuk
meruntuhkan stereotip tentang apa yang orang pikirkan tentang budaya
lain," ujarnya. Ia juga melihat FOMA dapat menjadi wadah bagi para
desainer untuk mengenal pasar mode Australia. Para perancang busana yang
terlibat dalam acara ini dapat saling berbagi pengalaman satu dengan yang lain.
Selain memperkaya wawasan, juga menambah ide dan inspirasi bagi karya mereka
selanjutnya.
Dari kasus tersebut dapat kita ketahui
bahwa batik merupakan kebudayaan Indonesia yang sudah diakui oleh dunia. Bahwa
budaya Indonesia ini tidak bisa dianggap sebelah mata, karena dengan
keberagaman suku dan budaya inilah Indonesia sangat terkenal. Batik sendiri
adalah kain yang digambar dengan pembuatan khusu dengan menuliskan malam pada
kain tersebut. Batik ini sudah popular di mana-mana. Dengan adanya batik
memberitahu dunia bahwa kebudayaan di Indonesia sangat beragam dari banyak
macam hal. Banyak budaya Indonesia yang bisa kita banggakan terutama batik.
Dengan motif yang sangat beragam dan modis. Menjadikan batik primadona bagi
fashion anak jaman sekarang. Bangsa Indonesia patut berbangga dengan adanya
batik. Bahkan banyak orang-orang terkenal memakai baju batik. Batik sendiri
sudah ditetapkan sebagai milik bangsa Indonesia. Batik telah disatat oleh dunia
sebagai warisan budaya dunia.
Solusi Kasus
Batik menjadikan Indonesia sebagai
negara yang memiliki beragam kebudayaan. Sebagai warga negara, kita harus menciptakan
rasa bangga terhadap budaya Indonesia. Batik merupakan warisan yang harus kita
jaga, lindungi, dan populerkan di dunia sebagai budaya Indonensia. Anak muda
mungkin jaman sekarang lebih memilih untuk menggunakan gawainya dibandingkan
bergerak untuk keluar. Anak muda sekarang sangat mudah untuk mempopulerkan
sesuatu. Oleh karena itu dengan adanya berbagai media untuk mempopulerkan batik
ini. Dengan kekayaan kebudayaan yang kita punya, kitalah yang harus selalu
menjaga dan melestarikan budaya batik. Kita harus bangga dengan kebudayaan kita
sendiri yang menjadikan bahwa negara kita sangat beragam dengan segala
kebudayannya yang sangat melimpah. Jangan sampai batik diakui oleh negara lain.
BAB
3
PUISI
AKU INGIN
Oleh Sapardi Djoko Damono
Aku ingin
mencintaimu dengan
sederhana
Dengan kata
yang tak sempat diucapkan
kayu kepada api
yang menjadikannya abu
Aku ingin
mencintaimu dengan
sederhana
Dengan isyarat
yang tak sempat
disampaikan awan kepada
hujan
yang menjadikannya tiada
Sastra adalah karya yang sangat bernilai tinggi dalam
kehidupan manusia, dengan adanya sastra bisa mengandung banyak nilai moral yang
memberikan banyak manfaat bagi banyak orang. Dimulai dari ilmu pengetauan
sampai hal-hal yang sempat tak terpikirkan sebelumnya. Puisi di atas adalah
puisi yang berjudul Aku Ingin oleh Sapardi Djoko Damono. Puisi tersebut
menggambarkan tentang cinta seseorang yang ingin menyampaikannya dengan
sederhana dan penuh makna. Sebuah kata-kata yang romantis yang membuat luluh
hati seseorang membuat lagu ini menjadi primadona banyak orang. Dengan adanya
sastra menjadi media untuk menyampaikan perasaan seseorang. Entah dalam bentuk
cerita, puisi, maupun sajak.
Dulu sastra adalah karya yang selalu ditunggu-tunggu
oleh semua kalangan. Orang Tetapi, di era yang super modern ini. Sastra menjadi
hal yang sudah mulai dilupakan. Dengan banyaknya hal-hal baru yang berkaitan
dengan tekonologi. Membuat orang malas untuk membuat sastra. Hal itu lah yang
membuat semakin berkembangnya jaman membuat karya sastra sulit untuk ditemukan
pada jaman sekarang.
Solusi
Kasus
Tetapi, bukan berarti mengurangnya semangat orang dalam
membuat sastra membuat sastra musnah. Oleh karena itu, yang dilakukan anak
jaman sekarang harusnya terus melestarikan agar tidak musnah. Lalu bagaimana
hal tersebut dapat terjadi? Tentunya peran generasi muda dan generasi mendatang
sangat berpengaruh. Dengan cara melestarikan sebuah karya sastra kita mendukung
sebuah karya yang akan hidup sampai akhir waktu. Puisi, pantun, cerita, dongeng
dan lain sebagainya harus kita mulai melestarikannya. Dengan edukasi kepada
anak-anak memberitahu pentingnya karya sastra dan bagaimana karya sastra
menjadi suatu hal yang sangat berharga dikemudian hari. Terutama remaja yang
mempunyai romansa yang mulai terukir membuat karya sastra adalah pilihan
terbaik dibandingkan hanya menulis di social media. Oleh karena itu karya
sastra perlu ditanamkan dalam jiwa setiap anak agar anak dapat mengekspresikan
dirinya dalam menyampaikan perasaannya yang sangat dalam. Dengan cara membuat
blog, buku, video, dan lain sebagainya perlu kita beradaptasi dengan jaman ini.
Tak selalu harus ditulis tangan, tetapi dengan membuat karya dalam bentuk
digitalpun bisa membuat semua orang sadar akan pentingnya karya sastra ini.
DAFTAR PUSTAKA
Widyo
Nugroho, Achmad Muchji. Ilmu Budaya Dasar.
Universitas Gunadarma. Jakarta, 1993.
http://suryamalang.tribunnews.com/2019/03/01/tak-tahan-di-bully-pria-jombang-ini-tega-bunuh-teman-akrabnya,
diakses tanggal 22 Maret 2019.
https://katadata.co.id/berita/2019/03/04/dua-desainer-indonesia-pamerkan-karyanya-di-australia, diakses tanggal 23 Maret 2019.
https://andytri.wordpress.com/2010/10/24/puisi-aku-ingin-karya-sapardi-djoko-damono/, diakses tanggal 23 Maret 2019.
Komentar
Posting Komentar