ANALISIS VIDEO TUGAS 3


1.     Analisis Video Didakwa Mencuri Kayu, Seorang Nenek Menangis di Persidangan (Manusia dan Keadilan)
Judul Video : Didakwa Mencuri Kayu, Seorang Nenek Menangis di Persidangan
Blog : http://tugasstevani.blogspot.com/
Analisis :
Dalam video siaran berita tersebut diberitakan seorang nenek bernama Asyani menangis di persidangan. Ia meminta kepada majelis hakim agar dirinya tidak diadili dan dibebaskan dari hukuman. Karena dirinya tidak merasa bersalah karena pencurian 7 batang kayu jati. Hal tersebut terjadi 5 tahun lalu dan baru dilaporkan. Kuasa hukumnya berkata bahwa hal tersebut ditebang suaminya karena tanah itu milik mereka. Lalu siding tersebut akhirnya ditunda. Hal ini diperkuat oleh surat dari desa tersebut bahwa itu tanah milik nenek Asyani. Kita perlu menegakkan keadilan seandainya nenek Asyani tidak bersalah. Jangan sampai orang yang melaporkannya ternyata hanya memfitnah. Pengadilan perlu bersikap adil terhadap semua kasus.
Simpulan :
Kita perlu mengetahui dengan pasti bahwa sesuatu itu perlu bukti agar mengetahui siapa yang salah dan benar. Dengan adanya bukti bahwa tanah tersebut milik orang tersebut perlu ditilik lagi secara mendalam apakah kasus ini benar atau tidaknya. Jadi apapun itu kita perlu menegakkan keadilan terhadap kasus apapun tanpa memandang bulu.
2.     Analisis Video Jejak Terorisme di Indonesia (Manusia dan Pandangan Hidup)
Judul Video : Jejak Terorisme di Indonesia
Blog : http://tugasstevani.blogspot.com/
Analisis :
Pada video berita tersebut diberitakan tentang kasus terorisme yang tak kunjung berhenti. Terror ini mengakibatkan trauma terhadap orang dan keluarga disekitarnya yang merupakan korban. Pembawa berita menjelaskan berbagai kelompok terror yang ada di Indonesia. Di antaranya ada Jamaah Asharut Tauhid yang mendukung ISIS, Muhajidin Indonesia Timur terkait dengan Kelompok Santoso di Poso, Jamaah Islamiyah yaitu bom Bali dan bom JW Marriot, dan Jamaah Anshar Daulah Khilafah Nusantara yang berafiliasi dengan ISIS. Dari kelompok terror tersebut mereka telah diubah pandangan hidupnya dari yang tadinya Islam yang baik menjadi hal yang tidak sepatutnya mereka lakukan untuk tujuan tertentu apalagi dengan merugikan banyak orang di sekitarnya. Hal ini haruslah kita berpikir bahwa perlu berhati-hati dalam memandang sesuatu hal. Bisa jadi hal tersebut berpengaruh buruk terhadap kita maupun orang lain.
Simpulan :
Kita perlu memilah pandangan hidup yang baik untuk kita dan tidak merugikan orang lain. Jangan sampai kita masuk ke kelompok terorisme yang merugikan banyak orang. Maka dari itu pendidikan sangat diperlukan agar tidak mudah terjerumus terhadap kelompok-kelompok yang tidak baik bagi kita dan orang di sekitar kita. Karena apapun yang kita lakukan pasti akan berdampak pada orang lain di sekitar kita.
3.     Analisis Video Firna Larasati, Anak Pemulung yang Meraih "Cumlaude" (Manusia dan Tanggung Jawab)
Judul Video : Firna Larasati, Anak Pemulung yang Meraih "Cumlaude"
Analisis :
Dalam video berita tersebut disebutkan bahwa kisah ini sangat menginspirasi banyak orang. Orang tersebut adalah Virna Larasati merupakan anak pemulung dan tukang cuci yang mendapat cumlaude dengan IPK 3,77 di UNS. Ia sibuk merias diri di rumahnya untuk pergi ke wisudanya. Ia merupakan putri bungsu. Kondisi ekonomi orang tuanya tidak membuat virna menyerah untuk meraih gelar sarjana. Karena ia cerdas akhirnya mendapat beasiswa di UNS tahun 2012 lalu. Walaupun kuliah ia masih membantu orang tuanya kerja. Ibunya sedih dan bahagia melihat anaknya bisa semangat kuliah dan ia berpasrah pada Allah untuk biaya kuliahnya. Ia menjadi bintang diacara wisuda kampusnya. Jurusannya adalah ilmu politik dan bercita-cita menjadi dosen yang jujur. Ia juga berharap agar mendapat beasiswa ke singapura.
Simpulan :
Tugas sebagai seorang pelajar atau mahasiswa yaitu belajar dengan sungguh-sungguh. Itulah yang dilakukan agar mendapat ilmu yang bermanfaat. Dengan belajar sungguh-sungguh maka kebaikan akan selalu ada. Karena itu sebagai mahasiswa kita perlu belajar dengan giat sebagai tanggung jawab kita kepada orang tua kita yang sudah melakukan hal terbaik untuk mendidik kita dalam berbagai cara. Hal itulah yang perlu kita teladani dari mahasiswa tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN TUGAS 3(BAB 7,8,9) ILMU BUDAYA DASAR

ANALISIS VIDEO TUGAS 2

Menggunakan Kereta Sebagai Transportasi