SEJARAH PERKEMBANGAN S/TI, HARDWARE SOFTWARE DAN REVIEW PRODUK PERUSAHAAN IT


SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM/ TEKNOLOGI INFORMASI, PERKEMBANGAN HARDWARE DAN SOFTWARE DAN REVIEW PRODUK PERUSAHAAN IT

1.     Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi, Perkembangan Hardware dan Software
1)    Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi
Teknologi Informasi (TI) atau Information Teknologi adalah istilah umum untuk teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contohnya adalah TV, peralatan rumah tangga elektronik, gawai (telepon) dan Komputer. Komputer merupakan suatu alat pengolah data dan angka yang di dalamnya terdapat sistem operasi.  Sedangkan Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.
Perkembangan teknologi memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi.  Sejak awal dibuatnya komputer hingga kini mengalami banyak perubahaan bentuk dan fungsinya.  Cara penyampaian informasinya mulai dari gambar-gambar,  peletakan tonggak sejarah dalam bentuk prasasti sampai dengan internet. Charles Babbage adalah Bapak Komputer, orang yang pertama membuat komputer. Sedangkan Alan Turing adalah Bapak Komputer Modern, Turing membuat Komputer Modern pertama kalinya untuk membantu Inggris memenangkan perang melawan Jerman. Dengan berkembangnya zaman, teknologi informasi ini adalah gabungan dari teknologi perangkat keras (hardware) dengan perangkat lunak (software) yang menawarkan konten berupa elektronik yang dapat digunakan dengan gawai (ponsel) dan komputer seperti e-government, e-commerce, e-education, e-medicine, e-laboratory, dll.
2)    Perkembangan Hardware dan Software
Komputer mengalami perkembangan dari mulai pertama ditemukan sampai dengan sekarang. Berikut adalah perkembangan Hardware dan Software :
·       Hardware
                                                                              i.         Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
Yaitu Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC) yang merupakan komputer digital elektronik yang digunakan untuk kebutuhan umum. Generasi ini mengandalkan ruang tabung hampa (vacuum tube).
                                                                            ii.         Komputer Generasi Kedua (1957-1963)
Transistor menggantikan kedudukan vacuum tube dalam menyimpan dan melakukan proses informasi. Transistor bentuknya lebih kecil, tidak begitu panas dan mengkonsumsi sedikit tenaga.
                                                                           iii.         Komputer Generasi Ketiga (1964-1975)
Integrated circuit (IC) sudah mulai digunakan pada komputer.
                                                                           iv.         Komputer Generasi Keempat (1980-Sekarang)
Komputer telah menggunakan teknologi Very Large-Scale Integrated Circuits (VLSIC). Dalam sebuah chip, teknologi ini mampu menampung jutaan circuit. Chip ini dinamakan dengan microprocessor.
·       Software
                                                                              I.         Era Pioneer
Pada Era Pioneer ini bentuk software komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang dilubangi.
                                                                            II.         Era Stabil
Pada Era Stabil ini baris-baris perintah software komputer yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara bersamaan (multi tasking).
                                                                          III.         Era Mikro
Pada Era Mikro ini software komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem, Software Aplikasi  dan Languange Software/Bahasa Pemograman.
                                                                          IV.         Era Modern
Pada Era Modern ini software komputer tidak hanya untuk sebuah komputer tetapi sebuah handphone pun telah di lengkapi dengan sebuah software sistem seperti Android.

2.     Review Produk Perusahaan IT yang Inovasinya Memberi Pengaruh yang Signifikan Bagi Masyarakat

GO-PAY

Hasil gambar untuk gopay

Era yang serba modern ini banyak sekali inovasi yang ditemukan. Contohnya adalah GO-PAY. GO-PAY adalah dompet virtual untuk menyimpan GO-JEK Credit Anda. GO-PAY merupakan e-wallet yang menjadi solusi untuk masalah yang sering kita temukan. Masalah yang sering kita alami saat ini sungguhlah banyak. Mulai dari tidak punya kembalian, recehan, takut membawa sejumlah uang besar, atau bahkan bagi Anda yang malas untuk membawa uang ke mana-mana. GO-PAY datang untuk menjadi solusinya.

            GO-PAY dapat digunakan untuk membayar transaksi yang berhubungan dengan layanan pada aplikasi GO-JEK seperti Go-Ride, Go-Car, Go-Food, Go-Tix, Go-Box, Go-Clean, Go-Pulsa, Go-Mart, Go-Bills, dan sebagainya. GO-PAY juga bisa Anda gunakan untuk membayar berbagai transaksi pada merchant atau toko-toko yang sudah bekerja sama dengan perusahaan Gojek seperti Alfamart, Indomart, toko di pinggir jalan, dan sebagainya. Gojek sendiri merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Tetapi kini Gojek sudah menjadi perusahaan teknologi yang menyediakan berbagai pelayanan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim. Pada September 2017, Nadiem Makarim, pendiri Gojek, mengatakan 50-60 persen pengguna Gojek (sebagai ojek online), menggunakan GO-PAY untuk melakukan pembayaran. Tiga bulan kemudian, tepatnya pada 20 Desember 2017, Nadiem mengklaim GO-PAY menyumbang 30 persen dari total transaksi uang elektronik di Indonesia.

            Dalam GO-PAY sendiri, Anda tak perlu khawatir ketika saldo tidak mencukupi. Anda bisa menggunakan saldo GO-PAY dan sisanya menggunakan uang tunai. Mudahkan? Selain itu juga mengisi saldo GO-PAY bisa Anda lakukan di berbagai ATM dan lain sebagainya. Selain Anda tidak perlu ribet membawa dompet untuk membayar, Anda juga bisa mendapatkan promo atau potongan harga yang banyak.  GO-PAY juga mempunyai fitur transfer, receive, dan withdraw. Bagi Anda yang ingin membantu teman, saudara, dan lain-lain yang membutuhkan saldo GO-PAY, Anda bisa mentransfer dengan mudah. Saldo GO-PAY pun bisa Anda tarik saldonya jika anda membutuhkan uang tunai. Melalui berbagai fiturnya yang menarik, GO-PAY sangat diminati oleh semua kalangan. Terutama kalangan pemuda yang sering jalan ke mana-mana.

            GO-PAY mempunyai berbagai Fitur. Keuntungan fitur tersebut berupa layanan transaksi yang beragam, transaksi 24 jam, banyak promo menarik, keamanan terjamin dan bisa mengumpulkan Go Points. Layanan transaksi yang beragam ini membuat GO-PAY menjadi e-wallet yang menguntungkan, transaksi 24 jam yang membuat Anda tidak terbatas waktu untuk membeli apa saja dan kapan saja, promo menarik yang membuat harga barang dan jasa menjadi lebih murah dan hemat, kemananan pengguna yang sudah dijamin oleh Gojek, serta mengumpulkan Token di mana Anda dapat menukarkannya dengan Go Points dan mendapatkan dengan berbagai voucher menarik.

            Tetapi, GO-PAY mempunyai kekurangan tersendiri yaitu fitur pembayaran e-wallet yang cenderung sedikit. Berbagai tokopun masih belum banyak yang menggunakan GO-PAY. Oleh sebab itu, kita belum bisa sepenuhnya menggunakan GO-PAY sebagai satu-satunya alat pembayaran sehari-hari. Kita harus tetap membawa dompet agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi seperti saldo habis dan toko tidak menyediakan pembayaran GO-PAY ini. Walaupun ada kekurangan, tetap GO-PAY lebih banyak keuntungannya dijaman yang serba modern ini. Sehingga tidak salah untuk kita mencoba e-wallet satu ini.

Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi
https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi
http://www.kliktekno.id/perkembangan-teknologi-informasi.html
http://belajar-komputer-mu.com/sejarah-perkembangan-sistem-informasi/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN TUGAS 3(BAB 7,8,9) ILMU BUDAYA DASAR

ANALISIS VIDEO TUGAS 2

Menggunakan Kereta Sebagai Transportasi